Tak Temukan Kesepakatan, Mahasiswa UINSA Rencanakan Demo Lanjutan dengan Massa Lebih Banyak - Araaita.net

Breaking News

Friday, 3 May 2019

Tak Temukan Kesepakatan, Mahasiswa UINSA Rencanakan Demo Lanjutan dengan Massa Lebih Banyak

Massa aksi bernyanyi dan berorsasi di depan Fakultas Syariah dan Hukum sebelum masuk ke Gedung Twin Tower. (Dok. Yosi/Ara Aita)


Araaita.net - Kumpulan mahasiswa yang tergabung dalam 'Front Mahasiswa UINSA' dari berbagai Fakultas UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) melakukan aksi menyuarakan tuntutan mengenai Uang Kuliah Tunggal (UKT), Kamis (2/5).

Aksi yang bertempat di belakang gedung Rektorat tersebut dilatar belakangi atas ketidakpuasan mahasiswa dari jawaban dan sikap rektorat yang terkesan menunda-nunda dan tanpa kejelasan atas tuntutan sebelumnya saat mediasi.

Demonstrasi ini dimulai dari depan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) hingga belakang Gedung Rektorat lengkap dengan membawa banner dan poster-poster. Massa aksi yang geram dengan respon pihak rektorat akhirnya memaksa masuk ke lobi lantai 1 gedung Twin Tower UINSA. Tidak adanya pengamanan memudahkan seluruh peserta aksi masuk dan memenuhi ruangan tersebut.


Peserta Aksi memenuhi lobi lantai 1 gedung Twin Tower UINSA. (Dok. Yosi/Ara Aita)

Massa aksi mendesak empat aspirasi yang dirasa memberatkan mahasiswa, terutama calon mahasiswa baru, di antaranya:

Sistem verifikasi UKT ingin diubah seperti dulu karena banyak yang tidak tepat sasaran, diadakan banding UKT dengan waktu yang lebih lama, pembenahan fasilitas dan sarpras (sarana dan prasarana), dan terakhir menurunkan nilai UKT.

Aksi yang berlangsung mulai pukul 10.00 WIB tidak berhasil memperoleh kesepakatan karena target utama peserta aksi yaitu Rektor UINSA, Masdar Hilmy sedang berada di Malaysia. Jawaban dari Rijal dari Biro AUPK juga tidak memuaskan peserta aksi. Jadi peserta aksi tetap meminta dipertemukan dengan Masdar Hilmy.

"Mereka menjanjikan pada Sabtu (4/5) setelah prosesi wisuda. Pada pertemuan nanti, Kami berencana mengerahkan massa yang lebih banyak lagi," jelas Alby, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi.

Ketika Kru LPM Araaita mengklarifikasi lewat sekretaris pribadi Rektor terkait usaha menghadapi massa aksi yang direncanakan Front Mahasiswa UINSA Sabtu nanti, ia memilih untuk diam karena masih belum ada komunikasi langsung dengan Masdar Hilmy.

"Saya No Comment saja Mas," ucap Sekretaris Rektor saat ditemui Kru LPM Araaita. (Dede/Yosi)

No comments:

Post a comment