Dekan FDK: Maba FDK Baca Ikrar Untuk Tolak Radikal - Araaita.net

Breaking News

Sunday, 18 August 2019

Dekan FDK: Maba FDK Baca Ikrar Untuk Tolak Radikal

Dok. Araaita/Yoga
"SERIUS: Salah satu mahasiswa baru FDK ditugaskan membacakan 9 poin ikrar mahasiswa FDK"

Araaita.net - Di penghujung acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, Sabtu (17/8) ada satu hal berbeda dari PBAK tahun sebelumnya, yaitu pembacaan ‘Ikrar Mahasiswa FDK’. 

Pembacaan ikrar dilakukan di depan gedung Fakultas Dakwah dan Komuikasi (FDK), setelah acara perkenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tingkat fakultas dan beberapa acara untuk mengakhiri acara PBAK.
Pembacaan ikrar dipimpin langsung oleh Dekan FDK, Abdul Halim. Ia mengajak para peserta untuk saling patuh dan membantu agar ikrar tersebut dapat diwujudkan oleh para mahasiswa selama di kampus, terkhusus FDK.

Abdul Halim memandu para mahasiswa baru FDK untuk membaca ‘Ikrar Mahasiswa FDK’, yang juga dihadiri juga oleh Wakil Dekan II, Luluk Fikri Zukhriyah, Wakil Dekan III, Agus Santoso, serta jajaran Sema dan Dema FDK. 

Sebelum membacakan isi ikrar, Dekan FDK mengawali dengan membaca Basmalah, kemudian dilanjut dengan membaca dua kalimat syahadat. Para peserta mengikuti dan mengulangi bacaan yang diperintahkan Dekan itu.

Salah satu mahasiswa baru FDK ditugaskan untuk membacakan 9 poin ikrar mahasiswa FDK, yang mana ke-9 poin tersebut memiliki makna dengan mencerminkan sikap patuh pada agama, kenegaraan dan ideologinya, serta nama almamater. Kemudian para peserta lain mengikutinya. 

Dalam wawancaranya, pria berbaju batik tersebut mengungkapkan, bahwa pesan dari ikrar tersebut untuk memastikan kepada mahasiswa FDK agar cinta NKRI dan Pancasila, serta melarang adanya ideologi selain itu.

Ia juga menambahkan pembacaan ikrar ini memberikan pesan dan kesan positif bagi para mahasiswa baru, serta tampak dari mereka semangat yang luar biasa. Ia juga menekankan bahwa ikrar yang telah diucapkan berarti janji dari diri para mahasiswa.

“Mereka sangat semangat, sangat luar biasa semangat. Pesannya sudah tersampaikan dalam ikrar, berarti harus giat, santun, menghormati hormat pada orang tua, guru. Ikrar itu berarti janji,” tambahnya.

Mengenai suksesnya acara, ia juga mengatakan bahwa acara ini sukses, ia memahami dan memaklumi adanya dinamika dalam drama.

“Sukses, lancar. Memang harus ada dinamika, itu sesuai drama dan saya sudah tau,” pungkas pria berpeci itu. (Rizka/Anca)

1 comment:

  1. Makasi Arta sdh memberikan informasi tentang PBAK baik di tingkat fakultas maupun Universitas...semoga Arta terus berkibar memunculkan para penggerak media internasional

    ReplyDelete