Dekan; Pengibaran Bendera Ormek Demi Meminimalisir HTI - Araaita.net

Breaking News

Sunday, 18 August 2019

Dekan; Pengibaran Bendera Ormek Demi Meminimalisir HTI

Dok. Araaita/Luluk
Tampak banner Ormek  terpasang di gedung D2 FDK

Araaita.net - Semenjak beredarnya Buletin Pembebasan open recruitment, Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), berinisiatif untuk mengibarkan bendera Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) sebagai bentuk pencegahan masuknya ideologi Hizbut Tahrir (HTI) ke dalam kampus terutama FDK pada jumat (16/8) ketika kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) berlangsung.

Namun hal ini bertentangan dengan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 55 Tahun 2018 tentang Pembinaan Ideologi Pancasila dalam Kegiatan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi membahas tentang Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dibentuk dan dibina oleh pimpinan perguruan tinggi.

Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2018 mengatur organisasi ekstra kampus untuk tidak membuka cabang atau komisariat di dalam perguruan tingginya, melainkan mengajak mahasiswa/i anggota organisasi ekstra kampus, untuk berpartisipasi dengan UKM yang akan dibina oleh Pimpinan Perguruan Tinggi (PT) nya. Sepemikiran dengan pernyataan dari Wakil Rektor (Warek) III, Ma’shum bahwa selama kegiatan PBAK tidak boleh ada satu pun bendera dari Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus (Ormek) yang berkibar.

Ketika dimintai keterangan kepada Dekan FDK Abdul Halim, Ia mengatakan bahwa izin untuk mengibarkan bendera tersebut untuk mempersempit ruang gerak ideologi HTI yang masuk kedalam UINSA Surabaya. Namun bukan berarti melegalkan bendera PMII berkibar di UINSA.

‘’Saya mengizinkan hal tersebut sebagai respon gerilya bukan berarti melegalkan. Tapi jika tidak diimbangi mereka merasa bebas,” ungkapnya.

Sedangkan Warek III mengatakan tidak harus mengibarkan bendera untuk menghentikan HTI, bisa dengan perang pikiran alias membalas pemikiran dengan pemikiran. Dan untuk lebih menghargai kepada Ormek yang lain, karena Ormek yang ada di UINSA bukan hanya satu.

“Karena disini ekstra nya tidak cuma itu, jadi ya menghargai lah” ujarnya.
(Fkn/Rwm)

1 comment:

  1. berikut ini artikel terkait Dakwahkan Ekonomi Islam Kepada Generasi Muda Lewat Lomba yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Airlangga, untuk berita selengkapnya silahkan cek situs web kami!
    http://news.unair.ac.id/2019/10/22/dakwahkan-ekonomi-islam-kepada-generasi-muda-lewat-lomba/

    ReplyDelete