Panitia FTK Larang Persma Liputan PBAK - Araaita.net

Breaking News

Saturday, 17 August 2019

Panitia FTK Larang Persma Liputan PBAK



Dok. Araaita/Aka
Ali Mas'ud Ketika Diwawancarai Prihal Pelarangan Liputan Di FTK

Araaita.net - Kegiatan Pegenalan Budaya Akademik Kemahasiswaan (PBAK) hari ketiga (16/8) diwarnai dengan pelarangan peliputan kru Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Ara Aita oleh sejumlah panitia PBAK dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK). 

Hal ini bermula ketika beberapa kru Ara Aita ingin meliput acara PBAK  yang berada di Auditorium tempat terselenggaranya PBAK FTK pukul 09.30 WIB, ketika sampai di depan Auditorium, beberapa panitia penjaga pintu masuk Auditorium berjalan menghampiri  kru tersebut dan menanyakan tujuan dari kru Ara Aita. Setelah dijelaskaan maksud dan tujuan kedatangannya, dari pihak panitia melarang dengan alasan tidak menerima liputan LPM manapun dan melemparkan keputusannya kepada Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema).

“Tidak bisa masuk mas, sampean tanya Dema dulu,” ungkapnya. Setelah mendapat teguran dari panitia, kru Ara Aita meninggalkan Auditorium.

Satu jam kemudian, ada kabar bahwa LPM Solidaritas melakukan wawancara kepada pihak Dema FTK, sehingga para kru Ara Aita bergegas menuju depan  gedung Auditorium dan menemui  ketua Dema FTK. Kru Ara Aita menanyakan kembali tentang peraturan resmi boleh tidaknya melakukan peliputan. Aziz menjawab tidak memperbolehkan, sebab panitia PBAK FTK takut diberitakan negatif.

“Ya memang, soalnya temen-temen nanti khawatir tulisannnya nanti aneh-aneh,” ucap Aziz selaku Dema FTK.

Lama  berunding, Dema FTK tidak bisa menentukan perizinan peliputan dan melemparkannya kepada panitia yang sedang berjaga di depan pintu masuk Auditorium. Ketika Kru Ara Aita menanyakan kembali hal tersebut pada panitia penjaga pintu, mereka melimpahkannya kepada Kordinator Lapangan (Korlap), namun Korlap tetap melarang dengan alasan tidak kondusif.

“Maaf tidak bisa,  takutnya tidak kondusif,” pungkasnya.

Selepas kejadian itu, kru Ara aita menemui Dekan FTK untuk mengklarifikasi perihal pelarangan perizinan peliputan PBAK di FTK. Ketika diwawancarai, Dekan FTK, Ali Mas’ud membantah adanya larangan peliputan. 

“Tidak ada pelarangan, tadi malah solidaritas atau apa tadi saya suruh masuk,” ungkapnya.

Sehabis perbincangan ini, Ali memanggil Wakil Dekan (Wadek) tiga. Saiful Jazil ketika dimintai keterangan juga tidak mengetahui tentang kejadian ini. 

Ternyata tak hanya LPM Ara Aita yang dipersulit untuk meliput PBAK di FTK, bahkan LPM dari FTK sendiri juga mengalami perlakuan yang sama.

“Tidak dibolehkan masuk, padahal Dema membolehkan, Dekan juga menyayangkan panitia yang seperti itu,” pungkas Hanim Pemimpin Redaksi (Pemred) LPM Edukasi. 
(uma/ik/sch)

No comments:

Post a comment