Wisata Edukasi Mingguan di Surabaya - Araaita.net

Breaking News

Tuesday, 6 August 2019

Wisata Edukasi Mingguan di Surabaya

Adegan ketika pemuda Surabaya menyerbu markas Jepang

Araaita.net - Minggu (4/8) pukul 08.00 WIB, Komunitas Roodeburg Soerabaya berkesempatan menjadi pemain dalam teatrikal juang  yang diadakan sebulan dua kali, pada minggu ke-2 dan ke-4 di lapangan Tugu Pahlawan.

Pada minggu ini, mereka mengusung tema  'Pertempuran Markas Kampetai', yang menceritakan perjuangan arek-arek Suroboyo setelah mendengar kata 'Merdeka' yang disiarkan melalui Radio Republik Indonesia (RRI), dan membuat semangat mereka terbakar untuk menyobek bendera biru milik Belanda dan menyerang Kampetai atau markas polisi Jepang, dengan sebelumnya menyerbu gudang senjata (Don Bosco) yang kebetulan tidak dijaga.

Teatrikal yang menjadi agenda mingguan bagi Komunitas Roodeburg, Komunitas Kedung Klinter, dan Komunitas Mulyorejo, yang tergabung dalam komunitas pecinta sejarah, menggelar teatrikal juang dengan tujuan untuk melestarikan sejarah, dan memberikan edukasi bagi masyarakat, khususnya warga Kota Surabaya.

Cak Sis, salah seorang pemain teatrikal juang yang merupakan anggota dari Komunitas Kedung Klinter dan sebagai koordinator teatrikal minggu ini, mengungkapkan bahwa tujuan digelarnya teatrikal ini untuk memberikan edukasi bagi masyarakat Surabaya agar mengetahui sejarah perjuangan arek-arek Suroboyo.

“Memberikan gambaran edukasi pada masyarakat tentang perjuangan arek-arek Suroboyo. Seperti pertempuran Surabaya membunuh Jenderal Mallaby, serangan di Hotel Yamato dan Kampetai. Dan khususnya masyarakat Surabaya harus tahu, kemerdekaan tidak mudah, kemerdekaan kita rebut dengan perjuangan,” ungkapnya. (Awm/Sachi)

No comments:

Post a comment