Empati, Beberapa Demonstran Ikut Turun Tangan Bersihkan Area Unjuk Rasa - Araaita.net

Breaking News

Friday, 27 September 2019

Empati, Beberapa Demonstran Ikut Turun Tangan Bersihkan Area Unjuk Rasa

Ananda (kiri) dan Sinta usai memunguti sepuluh trash bag besar sampah.

Araaita.net - Di tengah maraknya unjuk rasa, rupanya banyak diantaranya demonstran yang turun untuk menjadi relawan sampah. Terlihat banyak sekali sampah yang berserakan di sepanjang area gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur. Mulai dari sampah gelas plastik air mineral, kertas pamflet para demonstran, bungkus rokok, dan lain-lain.

Hal ini mengetuk hati beberapa demonstran untuk menjadi relawan sampah. Mulai dari dua perempuan yang punya inisiatif pribadi, komunitas pungut sampah, hingga suatu kelompok yang berinisiatif untuk memunguti sampah dan digunakan untuk dikelola kembali.

"Kita cuma berdua aja sih, tadi awalnya cuma bagi-bagi minuman terus kita lanjutin bersihin ngambil sampahnya," ujar Sinta, perempuan bertopi yang mengatakan dirinya adalah lulusan Universitas Airlangga (UNAIR).

Ada juga enam relawan kebersihan yang awalnya berkumpul karena proyek kuliah, hingga mereka berinisiatif untuk membersihkan area demo juga. Mereka mulai memunguti sampah dari awal keberangkatan unjuk rasa yaitu dari Tugu Pahlawan, ada juga yang dari depan gedung Bank Indonesia hingga ke depan gedung DPRD Jawa Timur.

"Kita mulainya dari tadi kita berangkat itu (unjuk rasa)," ujar Berny, salah seorang mahasiswi UNAIR dengan mengenakan almamater kampusnya.

Adapun tujuan mereka memunguti sampah tiada lain hanya ingin menciptakan kebersihan lingkungan, pasalnya setiap ada aksi pasti petugas kebersihan kewalahan saat membersihkan.

"Ya kita niatnya bukan mau bersihin aja karena kasihan juga sama petugas kebersihan yang terbatas," tambahnya saat diwawancarai kru Ara Aita. (Rizka, Anca, Huda)

No comments:

Post a comment