Bakar Sampah, Berujung Kebakaran TPS - Araaita.net

Breaking News

Thursday, 10 October 2019

Bakar Sampah, Berujung Kebakaran TPS

 Panas: kobaran api melalap TPS (Doc: Uma)

Araaita.net- Rabu,(9/9). Kebakaran terjadi di Tempat Pembuangan Sementara (TPS) belakang  gedung Sport Center (SC), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Menurut saksi mata, kebakaran tersebut diduga karena merambatnya api pembakaran sampah yang semakin meluas.

Amalia mahasiswa prodi llmu Komunikasi (ILKOM) yang saat itu ditempat kajadian, sekaligus saksi mata menjelaskan bahwa kronologi kebakaran tersebut bermula pukul 17:00 WIB.

"tadi sekitar jam 17:00 WIB tadi bakar-bakar sampah kerdus, plastik, mungkin habis acara ya, tadi saya kesini apinya masih kecil, lalu menjelang maghrib apinya merambat-merambat akhirnya membesar tinggi setiang listrik," ujar mahasiswa semester tiga tersebut.

Sementara itu pihak kemanaan UINSA, Sulthon, sekaligus yang membantu proses pemadaman api, saat dimintai keterangan oleh kru Araaita.net mengungkapkan bahwa kebakaran ini disebabkan pembakaran sampah.

"Penyebabnya ya pembakaran sampah mas, kalo gak ada pembakaran gak akan seperti ini," ungkap satpam penjaga pintu gerbang tersebut

Selain itu, laki-laki berbaju hijau tersebut juga tidak mengetahui orang yang sengaja membakar sampah tersebut. "Kalo yang mbakar tidak sebegitu tau mas, ya enggak bisa menuduh tukang cleaning servis apa tukang sampah, saya yo enggak tau itu," tambahnya

Dalam kejadian itu pihak kampus langsung memanggil dua buah kendaraan mobil pemadam kebakaran pukul 17:56 WIB, setalah itu api mulai padam pukul 18:45 WIB. Sebelumnya juga pemadaman dilakukan dengan menggunakan hydra dan menyiram air yang dibantu oleh beberapa mahasiswa dan petugas keamanaan, tetapi api juga belum bisa padam.


Tegang: sejumlah petugas Damkar memadamkan api (Doc: Uma)

Ade Taufik, Kabag Rumah Tangga  juga menjelaskan bahwa sebelumnya tidak ada kegiatan pembakaran sampah.

"Biasanya sampah tidak dibakar mas, tapi saya juga nggak tau dan bingung siapa yang membakar," ujar laki-laki berkacamata tersebut.

Selanjutnya Adi akan menindak lanjuti kejadian tersebut dengan memanggil mandor cleaning service untuk dimintai keterangan kejadian tersebut. (uma/frd)

No comments:

Post a comment