Kesehatan Penglihatan yang Sering Kali Terabaikan - Araaita.net

Breaking News

Saturday, 12 October 2019

Kesehatan Penglihatan yang Sering Kali Terabaikan

Sumber: http://hellosehat.com
Oleh : Nur Maulidiyah

Araaita.net - Indra penglihatan merupakan hal yang vital bagi makhluk hidup. Bahkan makna mata bagi makhluk hidup, khususnya manusia sangatlah berarti. Jika diumpamakan adalah mata sebagai cahaya yang mampu menerangi sebuah kegelapan. Sehingga setiap makhluk hidup yang telah dianugerahi oleh Tuhan mata yang normal patut bersyukur, serta diharapkan mampu menjaganya untuk tetap sehat. Karena ada beberapa manusia di bumi ini mempunyai kekurangan atau gangguan kesehatan pada indra penglihatan mereka. Mulai dari rabun jauh, silinder, katarak, hingga kebutaan.

Menurut WHO (World Healthy Organization) mengatakan bahwa pada tahun 1999-2000, ada sebanyak 285 juta orang penduduk bumi memiliki masalah dalam penglihatan. Tak banyak yang tahu juga bahwa di tiap tanggal 11 Oktober, diperingati hari penglihatan sedunia. Tujuan dari peringatan tersebut adalah untuk menginformasikan kepada seluruh masyarakat di dunia untuk selalu memperhatikan dan selalu mendukung penanggulangan permasalahan gangguan penglihatan serta menghindari kebutaan. Sehingga kita tetap mendapatkan hak kita untuk melihat. Serta jangan sampai hak tersebut melayang karena ulah kecerobohan dari diri kita sendiri. Selain itu Menkes (Mentri Kesehaan Republik Indonesia) juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memeriksakan mata apabila terjadi ganguan pengihatan atau kesehatan mata ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Pada perkembangan teknologi yang semakin pesat di era ini. Kebanyakan anak muda mulai dari generasi milenial hingga generasi Z, tidak mau lepas dari gengaman teknologi. Sehingga kehidupan mereka selalu berdampingan dan melakat dengan teknologi. Kedudukan teknologi saat ini mampu menjelma menjadi kebutuhan primer oleh banyak orang. Seingga kebutuhan primer saat ini tak lagi sandang, pangan dan papan saja. Melainkan sandang, pangan, papan, dan smartphone. Saat ini bagi kebanyakan orang, smartphone menjadi bagian dari hidup mereka. Seakan-akan jika tanpa smartphone serasa ada yang kurang. Sehingga tak jarang smartphone membawa pengaruh negatif. Apalagi bagi kesehatan mata.

Penggunaan smartphone di era ini tak lagi sekedar untuk alat komunikasi jarak jauh lagi saja, melainkan mampu di gunakan sebagai hiburan bahkan pelampiasan seseorang untuk meluapkan perasaannya yang sering kali ditulis di beberapa sosial media. Sejuta aplikasi di dalamnya mampu menghipnotis kalangan anak muda. Mulai dari game online, youtube, hingga sosial media.

Keseruan game online sering kali membuat seseorang lupa akan segala hal. Asiknya game online membuat sesorang terlena akan kewajiban yang ia miliki, baik kewajiban pada agamanya maupun kewajibannya untuk orang-orang terdekat. Tak hanya itu mereka juga telah lalai dengan kesehatannya. Tak jarang game online membuat candu. Sekali memainkan maka hasrat inggin memainkannya semakin meggebu. Meskipun kekalahan sering terjadi namun hal tersebut semakin membuat penggunanya tertantanng untuk memainkannya.

Kesehatan penglihatan yang diakibatkan oleh canggihnya smartphone semakin terancam. Bahkan di beberapa media juga sering memberitakan mengenai kejadian-kejadian fatal akibat penggunaan smartphone. Seperti yang dilansir oleh Suara.com dimana seorang bocah asal Bangkok, Thailand yang berumur 4 tahun harus menjalani operasi mata, akibat kecanduan smartphone. Kejadian tersebut diakibatkan oleh penggunaan smartphone yang telah diberikan oleh ayahnya sejak umur 2 tahun untuk menghiburnya saat orang tuanya bekerja. Bahkan sejak umur 2 tahun jika ia tidak diperbolehkan berhenti bermain smartphone ia akan menangis dan menjerit. Hingga pada akhirnya di usianya 4 tahun anak tersebut memiliki permasalahan dengan penglihatannya. Dokter pun juga telah mendiagnosa bahwa ia mengidap komplikasi mata paling serius dari miopi dan astigmatisme. Sehingga dokter harus menyarankan untuk operasi mata untuk menyembuhkannya.

Kesehatan merupakan anugerah Tuhan yang patut kita jaga. Namun, memang pada kenyataanya untuk menjaganya memanglah sulit. Sering kali kita mengkhianatinya dengan selalu menuruti kepuasan batin yang hanya sesaat. Sebelum kesehatan terancam, alangkah baiknya jika dalam diri tiap individu menanamkan rasa kepeduliannya terhadap kesehatan. Bahkan menjaga kesehatan hari ini adalah bekal kesehatan untuk beberapa tahun ke depan bahkan sampai dimasa senja. Terutama kesehatan penglihatan, karena penglihatan adalah organ yang paling penting untuk makhluk hidup. Oleh sebab itu, pemahaman dan cara menjaga kesehatan pengelihatan harus digalakkan. Seperti kejadian yang seringkali terjadi pada akhir-akhir ini, salah satunya disebabkan oleh kurangnya pengetahuan mereka akan pentingnya menjaga kesehatan mata. Serta ketidaktahuan akan bahaya yang mengancam kesehatan pengelihatan.

Menjaga kesehatan penglihatan memang harus dilakukan pembiasaan terlebih dahulu, atas kebiasaan yang sudah tertanam. Namun, hal tersebut tidaklah mudah butuh berbulan bulan untuk mengubah kebiasaan buruk. Selain mengubah kebiasaan buruk, kita juga bisa mengantisipasi atas ancaman kesehatan yang menyerang penglihatan kita. Yakni dengan makan sayur dan buah yang mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Selain itu, hindari penggunaan barang elektronik jika tidak terlalu penting. Jika hanya sekadar hiburan maka batasi penggunaanya dengan selalu membuat target berapa jam waktu yang akan di gunakan untuk bermain dengan barang elektronik tersebut. Peringatan hari kesehatan penglihatan sedunia, juga menjadi pengingat bagi seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan mata. Mengingat di era ini ribuan smartphone telah menjamur di berbagai lapisan masyarakat.

No comments:

Post a comment