5 Tips Jitu Menumbuhkan Minat Baca - Araaita.net

Breaking News

Monday, 18 November 2019

5 Tips Jitu Menumbuhkan Minat Baca

Uma Ageng Pathu Prayoga

(Doc: Hidayat Mansur)

Ada pepatah mengatakan bahwa buku merupakan jendala dunia, ada juga yang mengatakan bahwa buku sumber ilmu.

Buku juga disebut benda sakral, kenapa ? Benda yang berisi kertas dan coretan tinta tersebut sangat vital di ranah dunia pendidikan. Sebagai alat penunjang proses pendidikan fungsi buku sangat diperlukan.

Tetapi apalah daya jika di negara yang berflower ini minat membaca buku atau minat literasi sangat minim.

Hal itu didukung dengan pernyataan UNESCO bahwasanya Indonesia diurutan kedua terbawah minat literasi dunia, minat baca di negara +62 ini sangat memprihatinkan, jika dipresentasikan hanya 0,001% yang artinya jika ada 1000 orang di negara ini, cuma satu orang yang rajin membaca.

Sangat ironi sekali hal tersebut. Sebagai antitesis riset di atas, kita selayaknya kaum terpelajar harus peka terhadap realita ini untuk berjuang meningkatkan minat literasi terhadap masyarakat Indonesa.

Lalu bagaimana langkah kita menanamkan minat baca yang turun dimasyarakat kita? Berikut ini tipsnya:

1. Bangun Minat atau Keinginan yang Kuat.

Ini sangat berpengaruh sekali, lho dan ini mutlak banget. Karena dengan kita memupuk kemauan yang tinggi tentang literasi, hal-hal yang tidak bermanfaat di waktu luang anda akan tergantikan dengan minat yang kuat ini.

2. Tanamkan Cinta Pada Setiap Buku Yang Kamu Punya.

Dengan adanya cinta yang bersemi diantara kalian dengan tumpukan kertas itu, hal itu akan berefek banget lho, kenapa? Karena jika tidak ada rasa cinta kalian pasti akan meninggalkannya. Bener gak?

3. Mulailah Dengan Buku Yang Ringan dan Mudah.

Dengan bacaan yang mudah dan ringan sangat memudahkan kamu untuk menelaah dan mengikuti alur dalam isi buku. Seperti halnya novel, cerpen, buku motivasi dan lain-lain.

4. Sering-seringlah Ngobrol Dengan Orang Kutu Buku

Kutu buku memang terasa menjadi stimulus untuk kita yang pemula. Dengan berdiskusi dengan mereka kita akan semakin merasa kepo dengan perbincangan mereka. Seperti halnya kita merasa ada hal-hal yang baru yang kita dapat sehingga mendalami buku-buku berbagai disiplin ilmu

5. Membuat Target Membaca.

Nah yang ini juga perlu banget kawan. Kenapa? Dengan kita memiliki target membaca maka kita memiliki keinginan untuk mengkhatamkan berbagai macam buku, ditambah dengan menejemen waktu yang baik, akan membantu kita untuk meningkatkan kecintaan kita terhadap berbagai jenis dan genre buku

Oke, kawan. Mungkin hanya lima tips tersebut yang dapat penulis share kepada kalian. Semoga dengan tips ini dapat bermanfaat dan menumbuhkan semngat membaca. Sekian dan terimakasih
Salam literasi...!!!

No comments:

Post a comment