8 Tips Memulai Podcast dengan Baik dan Menarik - Araaita.net

Breaking News

Thursday, 7 November 2019

8 Tips Memulai Podcast dengan Baik dan Menarik



Siapa sih yang sampai sekarang belum tahu apa itu podcast? Media digital dengan format audio ini sebenarnya nggak jauh beda dengan radio, hanya saja podcast bersifat lebih bebas dibanding radio yang masih terikat oleh kode etik jurnalistik.

Di podcast, kamu bebas untuk menyuarakan opini, cerita,  atau segala curhatan sesuka hatimu. Kamu bisa membuat podcastmu sendiri di aplikasi spotify, anchor, sound cloud, atau di ipodcasts.

Nah buat kamu yang baru saja memulai membuat podcast dengan baik dan menarik, kami sajikan 8 tips ampuh sebagai berikut:

1. Menentukan Topik. Hal pertama dan sangat mendasar dalam membuat podcast yaitu menentukan tema. Di sini kamu harus kreatif dan pintar-pintar menebak apasaja sih yang lagi marak diperbincangkan baik itu di lingkungan sekitar maupun isu-isu nasional, tapi tidak ada salahnya kalau kamumembuat tema yang tidak sesuai dengan trending, intinya mampu menarik hati calon listener (pendengar) setiamu.

2. Punya Ciri Khas
Tiap orang pasti memiliki ciri khas tersendiri. Begitupun dengan podcast, akan terlihat menarik ketika intro (pembuka) maupun outro (penutup) kamu terdengar beda dari yang lain. Jadi, buatlah intro dan outro yang sekiranya menurut kalian kece dan mudah diingat oleh listener.

3. Sediakan Alat.
Podcastmu tidak akan berjalan ketika kamu tidak memiliki alat perekam, yaitu (minimal) handphone. Nah untuk menunjang kualitas podcast kamu, kamu bisa menggunakan headset atau dengan membeli microfon, kemudian mengeditnya di aplikasi edit suara (biasanya adobe audition, atau sudah banyak tersedia di google play dan appstore).

4. Hindari Tempat Ramai.
Carilah tempat sesunyi dan sehening mungkin agar tidak mengganggu proses tapping (perekaman) mu. Tempatnya bisa di kamarmu sendiri atau di ruang kedap suara. Karena sebagus apapun topik podcastmu, tak akan ada artinya kalau suaranya tidak terdengar jernih oleh listenermu.

5. Menghadirkan Narasumber.
Membuat podcast secara individu tanpa mengundang narasumber sebenarnya sah-sah saja. Namun menghadirkan narasumber jauh lebih baik, agar podcast yang kita buat tidak terkesan garing dan membosankan, terlebih mampu menghidupkan suasana dengan berinteraksi dengan narasumber.

6. Narasumber yang Relevan.
Menghadirkan narasumber tidak sekedar mengundang siapa saja yang kamu hendaki, namun harus diperhatikan apakah keahlian narusumber tersebut sudah sesuai topik yang akan kanu bahas pada saat membuat podcast.

7. Perhatikan Durasi.
Durasi paling aman dalam membuat podcast yaitu sekitar 30-60 menit, selebihnya itu akan membuat para listenersmu jadi bosan. Ya kecuali kalau podcast kamu menarik kemuadian kamu mampu membawakannya dengan nyaman, boleh aja. Tapi main aman aja ya, sekitar 45 menit itu sudah sangat cukup.

8. Jaga Konsistensi.
Kontinyuitas sangat berperan dalam mencapai produktivitas semua project, begitupun dengan podcast. Karena semakin rutin kamu mengupload podcast, maka semakin banyak listener yang akan mengikutimu

Itulah tadi 8 tips dalam memulai podcast dengan baik dan menarik. Selamat mencoba dan tunggu tips-tips kami selanjutnya 😄

Penulis: Hidayat Mansur
Narasumber: M. Naufal Yahya

No comments:

Post a comment