Asrorun Ni'am Buka Santripeneur Expo sekaligus Ajak Mahasantri Berwirausaha - Araaita.net

Breaking News

Monday, 25 November 2019

Asrorun Ni'am Buka Santripeneur Expo sekaligus Ajak Mahasantri Berwirausaha

Reporter: Fika Khoirotun Nisak
Editor: Lutfatul Malihah


Asrorun Ni'am (kiri) terima penghargaan sebagai tokoh muda penggerak kewirausahaan Uinsa yang diberikan oleh Rektor Uinsa

Tokoh muda penggerak kewirausahaan santri Asrorun  Ni'am Sholeh resmi buka acara Santripeneur Expo  dalam sambutannya di depan gedung Twin Tower Uin Sunan Ampel Surabaya pada Ahad (24/11) malam.

Dalam sambutannya tersebut, Asrorun panggilan akrab pemuda tersebut juga menjelaskan tentang sejarah santri dengan enterpreneur yang erat kaitannya dan tidak dapat dipisahkan.

"Santri dengan entrepeneur ini memiliki sejarah panjang didalam kehidupan berbangsa dan bernegara," Tuturnya.

Asrorun mengatakan sejarah santri Indonesia adalah sejarah wirausaha. Karena sebelum  kemerdekaan, islam hadir ke bumi pertiwi melalui perdagangan bukan peperangan.

"Islam hadir dan diterima melalui jalur entrepeneurship," Jelas laki-laki berbatik itu.

Dirinya juga memaparkan jika kebangkitan kaum santri entrepeneur melalui Nahdlotut  Thujjar yang menjadi embrio berdirinya Nahdlatul Ulama (NU).

"Ada tiga elemen yang mendasari lahirnya NU sebagai basis pembelajaran sekaligus pembinaan santri enterpreneur adalah Nahdlatut Thujjar, Tasywirul Ahkam, Nahdlatul Wathon," Paparnya.

Dalam kesempatan itu juga Asrorun menyinggung tentang peranan manusia dalam dunia kewirausahaan seluas kesempatan  hidup dan juga eksis. Tidak harus paham urusan ekonomi yang penting tahu urusan fikih ibadah.

"Yang jelas enterpreneurship harus kreatif dan inovatif yang bisa dikonversi menghasilkan nilai ekonomis," Ucapnya

Dalam akhir sambutannya Asrorun mengajak santri dan mahasantri untuk beriwirausaha dengan inovasi dan berkreativitas melalui kelebihan yang dimiliki.

"Mari kelebihan kita ditambahi dengan kreativitas dikonversi menjadi nilai yg bersifat ekonomis," Pungkasnya.

No comments:

Post a comment