Kecerobohan Berujung pada Hal Tak Terduga - Araaita.net

Breaking News

Wednesday, 6 November 2019

Kecerobohan Berujung pada Hal Tak Terduga


Judul Novel    : Agnosia
Pengarang      : Ibrahim Paranggupito
Penerbit          : Pastel Books - Mizan Publishing
Tahun Terbit  : Februari 2018
Tebal                : 172 Halaman
Peresensi        : Hidayat Mansur

Novel yang ditulis Ibrahim ini bergenre horor dengan menceritakan seorang anak yang bernama Lily menderita penyakit agnosia, karena kecerobahan kakaknya, Helen.

Agnosia merupakan penyakit hilangnya kemampuan untuk mengenali benda dan artinya, sehingga Lily yang mengidap penyakit tersebut selalu diawasi oleh Helen. Terlebih, Helen semakin merasa bersalah saat orangtuanya yang juga seperti menyalahkannya. Seolah sindrom yang menimpa Lily pure disebabkan olehnya.

Suatu saat, Lily bercerita bahwa ia mempunyai teman baru bernama Samara. Helen-pun terheran karena tak ada yang bernama Samara di Sekolah Lily. Bahkan, peristiwa aneh  mengerikan datang silih berganti menimpa Helen seorang diri.

Mulai dari melihat gambar dari Lily (yang memang hobi menggambar) terlihat creepy, vas keramik yang pecah, kucing hitam tetangga yang mati, disusul seorang anak lelaki yang patah tulang dan patung wanita kayu yang terbakar. Kata Lily, Samara yang melakukannya.

Penggambaran watak Lily yang labil dan sensitif akan penyakit dialaminya, Helen yang mempunyai tingkat kecemasan tinggi dan tidak sabaran, serta Samara yaitu makhluk astral tak kasat mata membuat novel ini mempunyai banyak sekali kejutan.

Bahasa yang digunakan lugas dan terdapat beberapa ilustrasi pendukung membuat pembaca mudah memahami isi novel tersebut, meskipun memiliki alur yang maju-mundur.

Namun sayangnya, novel ini kurang banyak dijumpai di toko-toko buku layaknya buku-buku best seller, sehingga buku ini sulit untuk ditemukan.

Terakhir, novel ini ditulis oleh Ibrahim Paranggupito sejak menginjak bangku SMA dan sempat mati suri selama 6 tahun. Kini penulis kuliah di salah satu perguruan tinggi di Bandung, kota yang sama dengan tempat tinggalnya.

No comments:

Post a comment