Tak Takut Rugi Berikan Bakso Gratis untuk Yatim Piatu dan Penghafal Quran - Araaita.net

Breaking News

Sunday, 17 November 2019

Tak Takut Rugi Berikan Bakso Gratis untuk Yatim Piatu dan Penghafal Quran

Rizka Qusnul Qotimah

Saiful saat berfoto dengan gerobak yang bertuliskan di banner gratis untuk hafal quran dan anak yatim piatu (IST)

Araaita.net - Malam yang gelap sekitar pukul delapan masih tak membuat Saiful, tukang bakso yang sempat viral lantaran memberikan bakso secara cuma-cuma kepada penghafal Al-Qur'an dan anak yatim piatu. 

Nampak Saiful terlihat lesu melayani pembeli. Dibantu istri dan pegawai perempuannya, pembeli berdatangan dan pergi setelah selesai makan. Di warung baksonya, ternyata Saiful tidak hanya menjual bakso, tetapi juga ayam geprek.

Bakso Pak Saiful, begitulah nama baksonya yang terpampang pada banner yang tertempel digerobak yang biasa dibawa keliling untuk berjualan. Akan tetapi ada salah satu tulisan banner yang menarik perhatian khalayak yaitu,  “Hafal Al-Quran gratis, anak yatim piatu gratis”.

“Iya memang benar bakso gratis terserah untuk penghafal Al-Quran dan anak yatim piatu,”  Saiful yang saat itu mengenakan pakaian serba putih.

Ia mengungkapkan alasannya serta-merta memberikan bakso gratis bagi penghafal Al-Quran yaitu, karena ia melihat bahwa zaman sekarang banyak yang mengaji saja masih tidak bisa, terkhusus para pembaca Al-Quran saat tadarus setelah shalat tarawih yang masih belum bagus bacaannya. 

Lalu, ia menambahkan bahwa dirinya ingin mengapresisasi kepada para penghafal Al-Quran yang bersusah payah mempertahankan hafalannya, karena ia paham bahwa mempertahankan hafalan tidak semudah menghafalkannya.

“Saya itu ingin sekali memberikan hadiah kepada para penghafal Al-Quran, karena nderesnya (mengulang-ulang atau mempertahankan hafalan) itu gak semudah menghafalkan, iya gak?,” jawab pria berkulit putih tersebut.

Ia juga menjelaskan mengapa dirinya mau memberikan bakso gratis kepada anak yatim piatu. Saiful menceritakan bahwa ia pernah mengajar didua panti asuhan yang terletak  di daerah Kriyan dan Surabaya selama dua tahun terakhir. Dirinya mengatakan bahwa ia melihat langsung dan ikut merasakan betapa kasihannya menjadi anak-anak yatim dan piatu.

Tidak hanya bakso gratis, Saiful juga dengan ringan tangan menambahkan uang saku kepada anak yatim dan piatu yang datang ke warung baksonya. Ia juga menanyakan alamat tinggal anak yatim piatu tersebut dan kerap menyantuninya setiap satu bulan sekali.

Ia mewejangkan bahwa shodaqoh tidak akan membuat kita bangkrut. Ia membuktikan ucapannya sendiri dengan menceritakan rezeki-rezeki yang tak ia duga setelah dirinya  bershodaqoh kepada anak yatim.

“Jangan takut shodaqoh, gak akan bikin rugi. Liat saya shodaqoh bisa buka bakso di tiga tempat, masuk hitam putih. Kemarin saya habis kasih anak yatim, setelah itu dapat pesanan bakso 2000 porsi, loh kan? Sudah jangan takut jadi ahli shodaqoh,” pungkas Saiful. (Rizka)

No comments:

Post a comment