Tugas: Selesai Satu, Tumbuh Seribu - Araaita.net

Breaking News

Saturday, 23 November 2019

Tugas: Selesai Satu, Tumbuh Seribu

Penulis: Nabila Syifa Hasmara
Editor: Hidayat Mansur


Sumber: http://www.health.qld.gov.au

Mahasiswa kerap dihadapkan dengan berbagai permasalahan kompleks terkait perkuliahan. Sebagian dari mereka merasa stres karena tugas kuliahnya. Bagaikan pepatah "Mati satu tumbuh seribu" bagi mahasiswa "selesai satu, tumbuh seribu (tugas)".

Stres karena tugas kuliah masih terbilang wajar, karena itu merupakan salah satu tanggung jawab kita sebagai seorang mahasiswa. Stres yang berlarut-larut akan memberikan dampak negatif bagi diri sendiri dan orang disekitar. Karena, stres juga salah satu bagian dari mental illness.

Secara sederhana, mental illness adalah suatu gangguan yang mempengaruhi pikiran atau perasaan seseorang akibat suatu permasalahan. Tenang! Dari sekian banyak klasifikasi mental illness, stres karena tugas tidak sepenuhnya masuk dalam kategori 'gawat'.

Menurut Ayun salah satu dosen Psikologi Klinis Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, gejala mahasiswa yang kesehatan mentalnya terganggu adalah perubahan pada diri. Contohnya, perasaan sensitif atau emosi yang berlebihan, nafsu makan yang berkurang atau bahkan bertambah yang tidak sesuai kebiasaan, bahkan yang parah sampai melukai diri sendiri.

Karena sudah tau ciri-cirinya, kira-kira kalian termasuk diantaranya tidak? Jangan khawatir, apabila kalian memiliki ciri-ciri di atas, atau bahkan kalian sudah menyadari sedang stres karena tugas, kalian tidak sendiri.

Mierrina, salah satu dosen Bimbingan Konseling Islam UINSA juga sering menerima keluhan dari mahasiswanya yang stres dan cemas karena persoalan kuliahnya. Salah satu solusi yang biasa ia berikan adalah dengan membuat check-list tugas beserta deadline yang harus dikerjakan.

Saya sangat setuju dengan solusi tersebut, karena banyak mahasiswa yang memiliki banyak tugas hingga bingung mau mengerjakan yang mana dahulu. Tetapi, dengan adanya check-list ini akan lebih membantu mahasiswa untuk mengerjakan tugas lebih terarah dann membuat lebih fokus untuk mengerjakannya sebaik mungkin.

Selain itu, kalian juga harus mencoba memahami diri sendiri. Sampai dimana batas kalian, jangan sampai terlalu memaksakan kehendak yang malah merusak diri akibat stress ataupun cemas Karena tugas kuliah. Tidak hanya dari diri sendiri, orang di sekitar kita juga mempengaruhi tingkat kesehatan mental Kita. 

Di lingkungan yang kompetitif, akan memberikan tekanan yang lebih sehingga tingkat stres akan semakin tinggi. Selain itu, dukungan spiritual juga penting, seperti banyak beristighfar, lebih rajin dalam sholat, bahkan puasa sunnah juga bisa membantu meredakan stres.

Solusi lainnya adalah, hibur diri kalian. Lakukan hobi, atau hang-out dengan teman. Apabila opsi pertama masih merasakan stres, coba instropeksi diri. Jadwalkan sehari penuh untuk memikirkan kembali apa yang sudah kita lalui, dan permasalahannya. 

Opsi ketiga adalah dengan curhat kepada keluarga atau teman dekat yang bisa dipercaya. Apabila ketiga opsi tersebut belum memberikan efek, kita bisa menuju tenaga professional dibidangnya, seperti psikolog ataupun psikiater.

No comments:

Post a comment