Yanri Ramdhano: Anti Minder Jadi Tips Raih AAS - Araaita.net

Breaking News

Thursday, 14 November 2019

Yanri Ramdhano: Anti Minder Jadi Tips Raih AAS

Serius: Yanri Ramdhano saat menjadi pembicara di Sharing Session About Australian Award Scholarship.


Araita.net - Awardee Australian Award Scholarship (AAS), Yanri Ramdhano, menjadi pembicara pada Sharing Session About Australian Award Scholarship yang diadakan oleh Uinsa Student Forum (USF) di Metting Hall perpustakan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa) Surabaya, Selasa (12/11). 

Dalam acara tersebut, Yanri mengungkapakan tips dan trik raih AAS, diantaranya yaitu mempelajari informasi beasiswa dari website terkait, meluruskan niat, mengemas diri dan mempunyai rencana studi yang matang.

"Luruskan dulu niatnya jangan hanya pengin ke luar negeri saja," ujarnya.

Selanjutnya, Yanri juga menjelaskan betapa pentingnya menentukan motivasi dan niat untuk studi di luar negeri. Seperti menyelesaikan masalah lingkungan, utamakan kepentingan bangsa dan meningkatkan kapasitas diri.

"Sederhana saja utamakan dulu masalah di sekitarmu jangan terlalu luas, menyelesaikan masalah bangsa contohnya, kan kalian bukan menteri," papar lelaki asal Jambi tersebut.

Sedangkan, dalam tahap mengemas diri, ia menegaskan untuk membuat rekam jejak atau Curiculum Vitae, seperti dedikasi dan kontribusi yang telah dilakukan di masyarakat sekaligus menentukan rencana masa depan.

"Hormatilah sekecil apapun pencapaianmu walaupun kamu hanya sebetas peserta dan jangan minder. Karena dari menjadi peserta pasti akan jadi pembicara," tegasnya

Pria berkacamata itu juga menjelaskan syarat dan ketentuan dalam AAS baik pelamar Program Strata 2 (S2) ataupun Strata 3 (S3) harus dapat memenuhi standar kemampuan berbahasa inggris.

"Pelamar  program Strata 2 harus memenuhi syarat 
IELLS 5,5, TOEFl ITP 525 sedangkan pelamar program Strata  3 IELLS 6 dan TOEFL ITP 550," paparnya.

Selain itu, syarat akademik dan non akademik pun harus dipenuhi, diantaranya Indeks prestasi mahasiswa (IPK 3,00), aktif dalam kegiatan  non akademik (kerja, relawan, organisasi dan sejenisnya), serta pelajari jurusan mana yang akan diambil. 

"Pendaftarannya gratis bahkan dibiayai, tidak perlu khawatir," pungkasnya. (Ltf)

No comments:

Post a comment