SP4N LAPOR! Aplikasi Layanan Pengaduan Publik RI - Araaita.net

Breaking News

Friday, 13 December 2019

SP4N LAPOR! Aplikasi Layanan Pengaduan Publik RI

Reporter: Rafika Wahyuni Melina
Editor: Khildah Fil Jannah


Novi saat memberikan materi di Gedung Amphitheatre Uinsa (11/12) Doc. Rafika/Arta

Lapor Goes to Campus mensosialisasikan aplikasi  Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) yang dibentuk oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang bertempat di Gedung Amphitheater Uin Sunan Ampel (Uinsa). (11/12)

Lapor bekerja sama dengan lembaga pemerintahan seperti Pemkot Surabaya, Ombudsman dan Yappika, guna mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam pengaduan pelayanan publik. 

Novi Setiawati, Kasubag Media Center Kota Surabaya mengungkapkan bahwa adanya aplikasi Lapor dapat membantu Pemkot Surabaya untuk mengetahui aduan masyarakat.

"Sampai saat ini, dalam sehari aduan yang kami terima 7000 an" ungkap wanita berbaju batik itu.

Layanan penyampaian semua aspirasi dan pengaduan masyarakat Indonesia ini bisa melalui beberapa kanal pengaduan yaitu website www.lapor.go.id, SMS 1708, twitter @lapor1708 dan aplikasi Android. 

Untuk menggunakan aplikasi Lapor cukup mudah,  login ke aplikasi Lapor, klik tanda + kemudian tulis apa yang ingin dilaporkan, pilih kategori, upload foto bila perlu, kemudian klik selesai. 

LAPOR! telah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2015.

Novi berharap setelah adanya aplikasi SP4N LAPOR! masyarakat terutama mahasiswa lebih peduli dengan melaporkan kejadian atau permasalahan apa saja yang ada di lingkungan sekitar.

"Saya mengajak teman-teman (mahasiswa) untuk peduli kepada sekitar" pungkasnya.

No comments:

Post a comment