Kritik Kebijakan Kampus, Tagar #UINSAGAGAL Trending di Twitter - Araaita.net

Breaking News

Wednesday, 8 July 2020

Kritik Kebijakan Kampus, Tagar #UINSAGAGAL Trending di Twitter

Reporter: Dede
Editor: Arfan

(Pamflet yang telah tersebar di media sosial)

Araaita.net - Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya melakukan aksi virtual dengan menggaungkan tagar #UINSAGAGAL. Aksi virtual ini dalam upaya menyampaikan kritikan pada kebijakan pihak kampus mengenai keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) di masa pandemi.

Pantauan araaita.net, tagar #UINSAGAGAL bahkan sempat menempati posisi pertama di trending topik media sosial Twitter pada pukul 12.15 WIB, Rabu (8/7). Tagar tersebut banyak berisikan keluhan mahasiswa.

Seperti yang dituliskan salah satu akun, @alfitacha yang menyindir kebijakan kampus yang tidak merata terkait UKT di UINSA.

"waktu KKN bilangnya "Mahasiswa harus bisa melihat kondisi masyarakat, harus jeli dan kritis melihat problematika sosial". Harusnya itu kata tamparan untuk Birokrasi #UINSAGAGAL birokrasi tutup mata, tutup telinga kondisi mahasiswanya," tulisnya.

(Tangkapan layar cuitan di media sosial Twitter)

Pemilik akun @resapastibisa17 juga mengeluhkan hal serupa. Dia mengaku tak habis pikir dengan kebijakan kampus yang terkesan tidak promahasiswa dalam situasi pandemi covid-19 saat ini.

"kami hanya ingin hak-hak kami bisa dipenuhi. jangan sampai hanya karena masalah UKT banyak yang gagal meraih impiannya untuk bisa berkuliah #UINSAGAGAL
#UINSAGAGAL," katanya.

(Tangkapan layar cuitan di media sosial Twitter)

"tidak adil, tidak merata, tidak ada transparansi. mau sampai kapan?
#UINSAGAGAL
#UINSAGAGAL
#UINSAGAGAL
#UINSAGAGAL
#UINSAGAGAL," tulis pemilik akun @GiscaPutrii.

(Tangkapan layar cuitan di media sosial Twitter)

Bukan hanya sejumlah cuitan keluhan akun personal, beberapa akun official organisasi dan aliansi juga mendukung serta mengajak anggotanya untuk ikut meramaikan agar keluhan ini bisa didengar oleh pihak kampus. Seperti contohnya akun @pmiitarbiyah_ss.
"#UINSAGAGAL Ayo sahabat semua, kita naikan. Semoga bisa didengar oleh pemangku kebijakan @humas_uinsby," tulisnya.

(Tangkapan layar cuitan di media sosial Twitter)

"Panggilan solidaritas!
#UINSAGAGAL #UINSAGAGAL #UINSAGAGAL #UINSAGAGAL #UINSAGAGAL #UINSAGAGAL," cuit akun @GarisUinsa.

(Tangkapan layar cuitan di media sosial Twitter)

Aksi yang dipelopori oleh aliansi Lingkar Suara Mahasiswa UINSA ini bukan hanya seruan di media sosial, tetapi membuat petisi di website mainstream change.org dan sudah tembus 500 tanda tangan.

Saat berita ini diterbitkan, pihak Lingkar Mahasiswa UINSA masih tidak bersedia untuk diwawancarai Kru LPM Ara Aita. Sementara dari pihak kampus tidak bisa dihubungi.

No comments:

Post a comment