Menaker RI: Mahasiswa Baru Harus Menjadi Pribadi Produktif dan Berkualitas - Araaita.net

Breaking News

Wednesday, 23 September 2020

Menaker RI: Mahasiswa Baru Harus Menjadi Pribadi Produktif dan Berkualitas

Reporter : Rizka

Editor : Khilda

Tangkapan layar: Menaker RI, Ida Fauziyah, sedang menyampaikan pidato materi PBAK 2020

Araaita.net – Ida Fauziyah, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia berkesempatan berpidato pada acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) 2020 yang digelar secara daring pada Rabu pagi (23/09). Dengan tema "Moderasi beragama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara".


Dalam kesempatan tersebut, Ida menyampaikan beberapa pesan kepada mahasiswa baru sebagai bekal persiapan sebagai generasi tenaga kerja di puncak demografi untuk menghadapi persaingan kerja yang ketat di tahun 2030.


“Mahasiswa harus menjadi pribadi yang produktif dan berkualitas, tekuni kompetensi yang kalian minati, karena persaingan kerja akan semakin ketat di masa kalian,” ujar alumni mahasiswa Fakultas Syariah itu.


Ida Fauziyah selalu menekankan dalam pidatonya kepada mahasiswa untuk selalu belajar dengan baik, dengan memanfaatkan media dan fasilitas yang ada, seperti mengikuti organisasi, kompetisi, dan pelatihan kompetensi apapun.


Tidak hanya menyangkut keterampilan, wanita yang berpakaian batik tersebut berpesan agar mahasiswa selalu menumbuhkan kedekatan dengan rakyat. Ia menyebut mahasiswa sebagai agent of change yang mampu memberikan perubahan di masyarakat.


“Tetaplah rendah hati dan tidak berpuas diri. Dan jalin kedekatan dengan masyarakat, karena kalian merupakan agen perubahan,” katanya.


Ia juga tak lupa mengingatkan kepada para mahasiswa disamping menjadi bangsa yang cerdas, juga harus selalu memiliki rasa hormat dan sopan santun sebagai generasi milenial. 


Diakhir pidato, Ida berharap mahasiswa juga dapat menciptakan lapangan kerja untuk banyak orang.


“Bila memungkinkan kalian jangan hanya mentargetkan untuk menjadi pekerja saja. Kompetensi tanpa adanya budi pekerti yang baik tidak akan bermanfaat, sehingga sesuai dengan motto alamamter kita Building character qualities: for the smart, pious, and honorable nation,” pungkas alumni kampus hijau itu.

No comments:

Post a comment