Bahas Masa Depan Legislatif, SEMA FDK Gelar Talkshow Daring bersama DPRD Jatim, DPD dan Guru besar Uinsa - Araaita.net

Breaking News

Tuesday, 3 November 2020

Bahas Masa Depan Legislatif, SEMA FDK Gelar Talkshow Daring bersama DPRD Jatim, DPD dan Guru besar Uinsa

Reporter : Tiara, Tio, Arika

Editor : Dede



Poster talkshow Senat Mahasiswa FDK


Araaita.net – Selasa (03/11), Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) menyelenggarakan talkshow secara daring untuk umum. Acara yang bertajuk “Meneropong Masa Depan Legislatif dan Gen Z Sebagai Legistlator Terbaik” ini mengundang 3 orang narasumber. 


Salah satu narasumber, Titik Triwulan Tutik Guru besar Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) yang diwakilkan oleh suami beliau mengatakan bahwa mahasiswa adalah intelektual muda yang perannya sangat diharapkan di dalam masyarakat. Beliau juga menambahkan bahwa mahasiswa seharusnya dapat menjadi teladan bagi masyarakat. 


Menurutnya, kebesaran intelektual yang didapat mahasiswa melalui kampus harus diimplementasikan sebagai tanggung jawab moral kepada masyarakat. Mahasiswa dituntut untuk selalu kritis dan solutif dalam menghadapi permasalahan, agar dapat menjadi social control dan agent of change.


 "Jadi jangan cuma mau jadi sarjana. Gelar itu tidak ada apa-apanya, yang penting itu jiwanya.” pesannya. 


Ahmad Nawardi, Senator DPD Republik Indonesia mengatakan bahwa mahasiswa perlu menyampaikan aspirasi - aspirasi melalui media maupun unjuk rasa yang sesuai peraturan. Kemudian mahasiswa bisa sering memantau kinerja yang dilakukan pemerintah. 


Pemantauan ini bisa dilakukan melalui website resmi pemerintah. Seperti website milik DPR, DPD, ataupun website pemerintah lainnya. Mahasiswa juga mewakili suara masyarakat sebagai uji publik. Karena uji publik harus dilakukan untuk mengetahui praktik dan dampak yang akan terjadi di masyarakat. 


“Sayangnya, saat ini sedikit sekali mahasiswa yang suka membicarakan permasalahan-permasalahan politik. Mereka lebih suka berbicara mengenai musik, film dan olahraga,” tutur Ahmad Narwadi, sebagai pemateri ke-2  yang juga merupakan alumni dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi UINSA. 



Tangkapan Layar: Senator DPD Republik Indonesia, Ahmad Nawardi sedang menyampaikan pesannya sebagai narasumber dalam webinar Senat Mahasiswa FDK


Beliau juga menjelaskan bahwa peran mahasiswa ini tercantum dalam UU. No. 12 Tahun 2011, yang menyatakan bahwa peran mahasiswa yaitu sama dengan peran masyarakat. Sebagaimana masyarakat dapat menyampaikan aspirasinya, mahasiswa juga dapat melakukan unjuk rasa ke depan publik sebagai langkah terakhir apabila argumen yang diajukan ditolak. 


Anwar Sadad yang turut menjadi narasumber juga menambahkan bahwa generasi muda cenderung realitis bukan idealis. Generasi muda sekarang ini saat berbeda dengan zamannya dahulu. 


“Kalau anak muda sekarang menggunakan media sosial untuk melakukan perubahan sosial. Beda sekali dengan saya dulu,” tuturnya.



No comments:

Post a comment