Cemoe Menjadi Primadona Saat Suhu Dingin Datang - Araaita.net

Breaking News

Monday, 14 December 2020

Cemoe Menjadi Primadona Saat Suhu Dingin Datang

Penulis: Silky Sabella

Editor: Arfan E Wijaya


Mba Endun, sapaan akrabnya, terlihat memakai celemek dengan rambut yang ditata rapi sigap melayani pembeli yang berdatangan. Bertempat di pelataran rumahnya, ia menyajikan minuman khas Jawa Timur yang cocok dinikmati saat cuaca dingin tiba. Sajian ini sering kali disebut Cemoe.


Penyebutan Cemoe di beberapa tempat ada yang berbeda. Kuliner berbahan dasar santan dan gula ini, sering dijumpai di angkringan atau warung. Contohnya di daerah Desa Karangnongko Kecamatan Ringinrejo Kabupaten Kediri, minuman cemoe ini laris akan pengunjung. Warung yang akrab disebut dengan Warung Sederhana ini buka mulai sore hari sekitar pukul 17.00 WIB hingga 20.00 WIB. 


Cukup mengeluarkan uang sebesar lima ribu rupiah, sudah bisa mendapatkan citarasa cemoe yang manis, asin, dan gurih bercampur padu dalam hangatnya santan dan aroma pandan. Terdiri dari isian yang beraneka ragam. Misalnya roti tawar, kacang goreng, kacang hijau, pacar cina, ketan, dan agar agar. Melegakan tenggorokan sekaligus menghangatkan badan. Tak ayal, minuman ini menjadi primadona sebagian orang. 

 

Sumber: https://nanditasw.files.wordpress.com/2020/07/wedang-cemohe-768x576-1.jpg?w=768


No comments:

Post a Comment