Sensasi Nikmatnya Kupang Lontong Khas Sidoarjo - Araaita.net

Breaking News

Wednesday, 16 December 2020

Sensasi Nikmatnya Kupang Lontong Khas Sidoarjo

Penulis : Dina Putri

Editor : Clarita S.D.S

 

   Sumber: https://www.idntimes.com


Araaita.com - Kupang lontong, siapa yang tak mengenal namanya. Makanan khas daerah Sidoarjo ini menjadi favorit bagi pecintanya. Makanan ini terkenal khususnya di daerah Arekan Jawa Timur terutama di daerah Sidoarjo, selain itu juga terdapat di daerah Surabaya, dan Pasuruan. (Fanny Ariyandini, mengenal lontong kupang khas Jawa Timur, diakses pada web www.idntimes.com pukul 14.22) .


Kupang lontong merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar kerang kupang dan dimasak dengan cara khusus. Makanan yang satu ini disajikan bersama dengan irisan lontong dan lentho singkong, setelah itu disiram dengan kuah kupang. Lalu diberi tambahan petis dan juga jeruk nipis agar semakin sedap.


Kupang lontong ini biasanya dihidangkan selagi hangat dan tak lupa ditemani oleh sate kerang serta segelas es kelapa muda. Selain enak dan segar, es kelapa muda ini sangat cocok sebagai pendamping kuliner yang satu ini. Es kelapa muda dapat dipercaya untuk menetralkan rasa dan sebagai penawar racun bagi yang tidak cocok dengan makanan tersebut. 


Kupang lontong kini dapat ditemui di berbagai daerah Sidoarjo. Salah satunya warung Pak Pardi yang terletak di desa Suko Legok Kecamatan Sukodono, Sidoarjo. Warung Pak Pardi ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 sore. Perpaduan rasa yang pedas manis dan asam ini menciptakan rasa yang nikmat serta khas membuat warung ini sangat ramai pengunjung setiap harinya.


Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Sidoarjo, tentu kurang lengkap rasanya bila belum mencicipi makanan khas dari Sidoarjo ini. Jika Anda belum pernah mencoba dan masih penasaran dengan rasa khas dari kupang lontong, Anda bisa menemui kuliner ini di warung-warung makan yang ada di Sidoarjo tentunya. Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bisa menikmati satu porsi kupang lontong. Cukup mengeluarkan uang sebesar Rp17.000, Anda sudah bisa menikmati enaknya kupang lontong dengan segelas es kelapa segar.

No comments:

Post a comment