Tips Begadang Ketika Dikejar Deadline Tanpa Kafein - Araaita.net

Breaking News

Wednesday, 9 December 2020

Tips Begadang Ketika Dikejar Deadline Tanpa Kafein

Reporter: Ismy

Editor: Dede

Kopi adalah minuman yang mengandung kafein

Hai sobat Arta, kami punya tips buat kalian yang lagi dikejar deadline dan perlu begadang, tanpa minuman yang mengandung kafein.


Seperti yang kita ketahui, ada banyak sekali minuman yang mengandung kafein, salah satunya yaitu kopi. Meminum kopi memang sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia sejak dulu. Indonesia sendiri adalah salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. 


Kafein juga dijadikan sebagai pemberi energi ketika rasa kantuk datang. Tidak jarang para mahasiswa atau pekerja kantoran yang harus mengejar deadline hingga larut malam, akan mengkonsumsi kopi atau teh untuk membuat mereka tetap terjaga. 


Sobat Arta tau ngga? Bahwa minuman yang mengandung kafein juga bisa membuatmu merasa lelah, karena fungsi dari kafein sejatinya bukan memberi tenaga tambahan, tapi membuatmu tetap bangun sekalipun energimu sudah habis, dilansir dari hellosehat.com.

Kebiasaan, kopi adalah teman begadang.

Kalau Sobat Arta termasuk orang yang bergantung pada kafein untuk bisa membuatmu tetap terjaga, ada baiknya mencoba mengganti asupan kafeinmu dengan cara berikut ini.


1. Alihkan pandangan sobat sesaat dari layar


Dilansir dari m.kumparan.com, Melihat layar terlalu lama dapat membuat mata lelah dan mengalami ‘computer vision syndrome’ yaitu mata menjadi mudah terkena iritasi, pandangan kabur atau membayang, mata kering, sakit kepala, serta nyeri di pundak dan leher. 


2. Konsumsi makanan bergizi seimbang


Makan terlalu banyak bisa membuatmu cepat lelah, karena mencerna makanan juga butuh energi. Oleh karena itu, konsumsi makanan dalam porsi kecil dengan nutrisi seimbang serta lemak yang cukup. Selain itu, makanan berserat dan berprotein tinggi juga dapat membuat tubuh lebih bertenaga lho sobat hehe.


3. Minum banyak air 


Dehidrasi dapat membuat energimu lebih banyak terserap, sehingga sobat akan mengalami kelelahan, pikiran bingung, jantung berdetak kencang, bahkan hingga pingsan. Jangan sampai ya sobat..


4. Berjalan-jalan sebentar 


Berjalan atau jogging sebentar dapat membuat badan lebih segar. Bangun sebentar dari kursi kemudian berjalan-jalan, dapat membuat endorfin dalam tubuh mengalir, sehingga stres dan lelah hilang, serta dapat membuat perasaan sobat Arta lebih bahagia.


5. Mendengarkan musik


Cara ini mungkin sering sobat Arta lakukan untuk mencegah kantuk atau bosan ketika belajar atau bekerja. Seperti yang dilakukan oleh McGill University di Kanada pada tahun 2011, dilansir dari hellosehat.com menunjukan bahwa ketika mendengarkan musik, otak akan dipenuhi oleh dopamin sehingga kita merasa bahagia. 


6. Menonton video lucu


Melihat video-video lucu juga dapat menambah semangat, dan membuat oksitosin dalam otak bertambah serta mengurangi kortisol, kimia dalam otak yang membuat kita stress.


Jika cara di atas tidak berhasil, itu pertanda kalau sobat Arta memang harus istirahat sejenak. Tidurlah selama 5 sampai 25 menit untuk mengembalikan kesegaran sobat. Baiknya dilakukan 6 sampai 7 jam sebelum tidur malam. Selamat mencoba! (Ism)


No comments:

Post a comment