Menikmati Kue Cubit Khas Bandung, Rupanya Berakar Dari Makanan Belanda Lho! - Araaita.net

Breaking News

Wednesday, 3 February 2021

Menikmati Kue Cubit Khas Bandung, Rupanya Berakar Dari Makanan Belanda Lho!

Penulis : Dina Putri

Editor : Mita


Sumber : www.keluyuran.com


 Siapa yang tidak tahu kue cubit? 


Ya hampir semua orang menyukai makanan yang satu ini, karena rasanya yang manis dan legit. Biasanya kue ini dijajakan oleh pedagang kaki lima dan harganya pun tergolong murah. Kue ini juga dapat ditemui di banyak tempat-tempat umum, seperti sekolah dan tempat lain yang ramai pengunjungnya.


Kue cubit merupakan jajanan tradisional khas Bandung yang semakin hits sekitar beberapa tahun lalu. Kue cubit yang dulunya hanya merupakan jajanan sederhana dan terlihat biasa saja, namun sekarang telah berubah tampilan menjadi kue cubit kekinian dengan berbagai varian warna dan rasa. Pedagang kue cubit juga menyediakan pilihan aneka toping, seperti taro, oreo, red velved, keju, coklat, matcha dan lain sebagainya. 


Nama kue cubit sendiri diambil dari proses memasaknya loh. Kue cubit yang berbahan dasar terigu dan susu ini diaduk menggunakan mixer diolah menjadi adonan. Adonan yang sudah jadi dimasukkan kedalam cetakan kecil kemudian dimasak hingga adonan setengah matang. Taklupa taburi toping sesuai selera lalu tunggu sampai matang dan siap diangkat. Biasanya pedagang kue cubit akan mengangkatnya dengan cara di ‘cubit’ dengan meggunakan alat pencapit. Oleh sebab itu kue ini dinamakan kue cubit. 


Tampilannya yang lucu dan kekininan membuat kue ini digemari banyak orang. Namun, siapa sangka jika kue cubit ini rupanya berawal dari kuliner Belanda lho. Dilansir dari Bobo.id, konon katanya pada masa pemerintah Belanda menguasai Indonesia, mereka banyak meninggalkan beberapa tradisi salah satunya adalah kuliner.


Poffertjes kue khas Belanda yang disajikan secara tradisional
  Sumber : www.Bobo.id


Kue cubit ini memiliki bentuk dan cara pembuatan yang sama dengan salah satu camilan dari Belanda, yaitu poffertjes.


Poffertjes dikenal sebagai kue panekuk mini dari Belanda. Biasanya poffertjes disajikan dengan taburan gula bubuk atau sesendok mentega. Kue ini juga dijual oleh pedagang kaki lima di tempat ramai seperti pasar, festival, dan alun-alun di Belanda. 


No comments:

Post a Comment