Ecoton Bersama Watchdoc Adakan Nonton Bareng dan Diskusi Film “Kinipan” - Araaita.net

Breaking News

Saturday, 17 April 2021

Ecoton Bersama Watchdoc Adakan Nonton Bareng dan Diskusi Film “Kinipan”

Penulis : Syubbanur Rahman. 

Editor : Dede Ramdani

Dandy saat menjawab pertanyaan peserta diskusi


Ecoton bersama Watchdoc mengadakan nonton bareng dan diskusi film dokumenter berjudul  "Kinipan" pada hari Jumat (16/4). Acara ini berlangsung di Gedung Inspirasi Ecoton, Wringinanom, Kabupaten Gresik. 


Pemutaran film yang diproduksi oleh Wacthdoc tersebut berlangsung mulai dari pukul 20.00 WIB sampai dengan pukul 22.00 WIB. Kemudian, dilanjut dengan diskusi yang dihadiri langsung oleh salah satu aktivis lingkungan sekaligus sutradara film tersebut, Dandy Laksono.

Sumber : https://instagram.com/ecoton.id?igshid=i1mqeenxr60


Dandy mengatakan, sejak dirilis pada 1 April 2021 kemarin, film ini telah diputar lebih dari 600 lokasi di seluruh Indonesia. Dandy mengatakan ada 4 topik besar yang mendasari dari pembuatan film ini yakni, Omnibus Law, Food Estate, Restorasi, dan Pandemi.


"Topik besar yang mendasari film ini yaitu, Omnibuslaw, Food Estate, Restorasi, dan Pandemi," ungkapnya.


Menanggapi pertanyaan salah satu peserta, Dandy juga mengatakan bahwa ketika masyarakat sudah merasa bahwa perampasan hak-hak untuk hidup merupakan hal yang wajar, itu berarti kolonial sudah bekerja.


"Seperti yang pernah kita rasakan pada masa penjajahan, masyarakat dahulu sudah terbiasa," ujarnya.


Selain itu, sebelum berakhirnya kegiatan ini, jurnalis sekaligus sutradara tersebut mengatakan bahwa program food estate merupakan kepentingan yang dirias dengan baju yang cantik. Menurutnya, hal tersebut bukan untuk kebutuhan masyarakat, melainkan kebutuhan perusahaan dibidang pangan. 


"Seharusnya mereka meningkatkan potensi yang sudah ada, bukan membuka lahan baru skala besar," pungkasnya.


No comments:

Post a Comment