Mortal Kombat, Simbol Naga Awal dari Petarungan - Araaita.net

Breaking News

Sunday, 9 May 2021

Mortal Kombat, Simbol Naga Awal dari Petarungan


 

Judul               : Mortal Kombat

Genre              : Action, fantasy

Sutradara         : Greg Russo, Dave Callaham

Produksi          : Warner Bros (WB)

Pemeran          : Lewis Tan, Jessica McNamee, Josh Lawson, Tadanobu Asano, Mehcad Brooks, Ludi Lin, Chin Han, Joe Taslim, Hiroyuki Sanada

Presensi           : Rafika Wahyuni Melina


Film Mortal Kombat merupakan adaptasi dari game video dengan judul sama. Film berdurasi 110 menit ini mengisahkan pertarungan hidup dan mati antara  bumi (earthrealm) dan dunia luar (outworld) untuk mencapai peringkat pertama dalam dunia pertarungan.

Fokus utama dari film ini adalah Cole Young yang diperankan oleh Lweis Tan. Cole Young merupakan mantan petarung Mixed Martial Arts (MMA) yang kemudian menjadi petarung bayaran yang berorientasi pada uang untuk menghidupi keluarganya (istri dan anak). Karakter Cole Young dalam game aslinya tidak ada. Ia merupakan karakter baru yang dibuat dalam film ini.

Kisah Cole Young bermula ketika bertemu dengan Jax (Mechad Brooks) setelah pertandingan yang dilakukannya. Saat itu, Jax datang ke dalam pertandingan Cole dan memberitahu mengenai tanda yang ada pada dada kirinya. Namun, Cole Young masih belum tertarik dengan apa yang diucapkan Jax.

Hingga ia makan malam bersama keluarganya di restoran cepat saji, tiba-tiba diserang oleh salju yang membekukan restoran itu. Awalnya ia tidak curiga pada salju tersebut sampai salju itu memecahkan kaca menyerang anaknya yang ada di luar restoran sedangkan ia dan istri berada di dalam.

Untuk menyelamatkan anaknya ia keluar dari restoran dan berlindung di balik meja, namun tidak berguna karena meja juga ikut dibekukan. Hingga datang Jax dan menyuruh mereka (Cole dan keluarga) masuk ke dalam. Mereka mulai kabur dari kejaran es yang dikeluarkan oleh Sub Zero (Joe Taslim) dan menghindarinya.

Namun, Sub Zero terus mengejar mereka, dan Jax memutuskan untuk menyerahkan mobilanya kepada Cole dan menyuruhnya untuk pergi menemui Sonya Blade yang diperankan oleh Jessica Mcnamee. Sedangkan Jax sendiri pergi untuk menghadapi Sub zero seorang diri.

Cole memutuskan untuk mengantarkan keluarganya pulang terlebih dahulu dan melanjutkan perjalanan menemui Sonya. Ketika sampai di hunian Sonya, ia juga bertemu dengan Kano (Josh Lawson) yang menjadi tahanan Sonya. Disana Sonya menjelaskan tentang makna dari simbol naga yang ada di dada kirinya. Simbol naga yang dimiliki Cole merupakan simbol yang sudah ada sejak lahir yang berarti Cole adalah petarung terpilih untuk melindungi bumi dalam pertarungan Mortal Kombat. Simbol yang dimiliki Cole berbeda dari simbol Naga yang terdapat pada Kano, karena milik Kano didapat setelah membunuh orang yang memiliki simbol naga, dengan kata lain simbol naga dapat berpindah ke orang lain.

Kemudian mereka bertiga pergi ke Kuil Raiden tempat pelatihan dari petarung erathrealm. Setelah sampai disana mereka disambut dengan Liu Kang (Ludi Lin) dan mengenalkan mereka pada sejarah petarungan Mortal Kombat. Hingga akhirnya Liu Kang menyurh mereka untuk berlatih kekuatan dan fokus untuk mendapatkan arcana (kekuatan yang ada pada diri seseorang) bagi pemilik simbol naga.

Kano terlebih dahulu mendapatkan arcananya yakni mata sebelah kanannya dapat mengeluarkan laser yang bisa memotong barang bahkan orang sekalipun. Tetapi Kano mengkianati mereka dan bergabung dengan kelompok Outworld.

Selama latihan, tiba-tiba saja mereka diserang dari kelompok Outworld yang menggunakan cara licik untuk memenangkan Mortal Kombat. Namun, saat penyerangan berlangsung masing-masing dari petarung Erathrealm mendapatkan arcana mereka dan hal tersebut menguntungkan bagi mereka.

Karena penyerangan itu, Cole memmberikan ide untuk menyerang balik mereka dengan mendatangi masing-masing dari kelompok Outworld. Cole melawan Mileena (Sisi Stinnger), Sonya melawan Kano, Jax melawan Reiko (Nathan Jones), dan Liu Kang melawan Kabal (Daniel Nelson).

Penyerangan mereka membuahkan kemenangan, namun masih ada satu lawan yang belum dikalahkan yakni Sub Zero yang juga merupakan lawan terkuat dan musuh dari ayah Cole Young yakni Hanzo Hasashi atau Scorpion.

Pada adegan terakhir, Cole bertelportasi ke sebuah tempat yang ditinggalkan namun tertutup es dan terdapat anak dan istrinya yang membeku karena es dari Sub Zero. Hingga Cole melawan Sub Zero, namun kalah pengalaman hingga Cole mengeluarkan kunai, senjata milik ayahnya dan mengenai Sub Zero. Saat kunai itu menghadang Sub Zero tiba-tiba muncul Hanzo ayah dai Cole dan membalaskan dendamnya pada Sub Zero karena telah membunuh ia dan keluarganya bertahun-tahun yang lalu.

Film yang dirilis pada bulan April kemarin ini memiliki banyak adegan laga terutama petarungan jarak dekatnya dengan visualisasi dan perpindahan kamera yang apik, sehingga penonton dapat melihat dengan jelas petarungan jarak dekat antar pemain. Selain itu, adegan baku hantam tersebut sama dengan adegan laga yang ada dalam video game Mortal Kombat, mulai dari jurus para petarung hingga selebrasi dengan frasa “flawless victory”.

Namun, dalam film ini banyak sekali cerita yang tidak ditampilkan. Seperti, kisah Cole yang merupakan mantan petarung MMA tapi ujug-ujug menjadi petarung bayaran. Juga tidak dijelaskan bagaimana hubungan antara Sub Zero yang membenci Hanzo karena membunuh saudaranya, hingga kisah dibalik petarungan Mortal Kombat dan 9 kelompok yang termasuk di dalamnya, yang membuat penonton dibuat bingung dengan jalan ceritanya.

No comments:

Post a Comment