Berkat Membangun Silaturahmi, Rezeki Teraliri - Araaita.net

Breaking News

Sunday, 27 June 2021

Berkat Membangun Silaturahmi, Rezeki Teraliri

Penulis : Muhammad nasrul hidayat

Editor : Rafika

Kedai dengan penjual dan pembelinya


“Barangsiapa ingin lapangkan pintu rizqi untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi." (HR. Bukhari) ibarat bak tragedi di atas ironi itulah yang sedang dialami pria muda ini. Safak sebutannya, saat ini ia sedang memanen hikmah silaturahmi yang selama ini ia bangun. Pasalnya berkat silaturahmi pengusaha kedai Djomblo Fride Chiken ini tiap hari selalu kebanjiran orderan. Namun dibalik itu jauh sebelum memiliki kedai, Safak sempat menjadi pedagang es tebu 1000an dikantin sekolahan. semua berawal dari kelihaiannya dalam mengambil hati customernya yang kini ia dikenal oleh setiap angkatan. Sebab dalam berteman ia tak pun tidak pandang bulu bah itu muda atau tua pun ia dekati.


Kini berkat ia dikenal setiap angkatan sekolah, dagangannya pun selalu menjadi langganan para siswa salah satu nya Riza “wes ancen dadi langganan ku wi” ujarnya.


Sambung silaturahmi, usaha, dan doa ia jadikan prinsip setiap hari untuk berdagang. Kini 2 tahun bersalang berkat menjaga hubungan baik dengan teman teman nya yang begitu banyak plus solid itu ia bersama sama mulai membuka kedai dan mengembangkan dagang baru fride chiken yang kini di beri nama Djomblo Fride Chiken yang laris manis. Bahkan alumni-alumni sekolahna itu pun yang mempunyai hubungan baik sering mengunjungi kedai nya. “yo mergo sambung (silaturahmi), usaha, dungo lan konco alhamdhulilah iso koyok ngene” ujar Safak.


Salah satu menu kedainya


Babat alas alis memulai membuka dagangan baru sangatlah tidak mudah, ditambah lagi jika tidak mempunyai teman dan relasi yang luas. Kedai DJF dirintis mulai dari masukan saran teman terdekatnya hingga teman jauhnya, selain itu berkat teman – teman nya untuk mempromosikan produknya menjadi sangat lah mudah bagi Safak cukup dengan meminta bantuan untuk saling share poster produksi selang beberapa hari pendapatnnya naik 2 kali lipat. “Ngeneki awal e aku yo tekan saran saran ne cah-cah (teman-teman). Yo cah cah dewe seng ngewangi mpromosi” ujar pemilik kedai.


Menurutnya dalam membangun silaturahmi atau relasi ia memerlukan tips khusus, salah satunya dengan cara menjadi memahami serta mengetahui krakteristik lawannya bicaranya. Jika lau lawan bicaranya terlihat cerewet ia biasa langsung memulai dengan candaan gemulai, akan tetapi jika lawan bicara nya terlihat pendiam ia biasa memulai dengan menanyakan pertanyaan yang membuat lawan bicaranya menceritakan dirinya sendiri. 


Kini Kedai Djomblo Fride Chiken tak hanya sebagai tempat makan akan tetapi juga sebagai tempat lowonan pekerjaan khususnya bagi teman - teman nya yang sedang kesusahan. “ wes alhamdhulilah sak iki iso bantu cah cah seng butuh ne kerjo” ujarnya.


Berkat keteguhan serta keyakinan yang mendalam menurutnya bahwa silaturahmi dan hubungan yang akan memberikan impact yang baik pula. 

No comments:

Post a Comment