EURO 2021 Sebagai Hiburan Masyarakat di tengah Pandemi - Araaita.net

Breaking News

Wednesday, 16 June 2021

EURO 2021 Sebagai Hiburan Masyarakat di tengah Pandemi

Penulis : Ahmad Ziauddin Sardar

Editor : Rafika

Sumber : Amazon


Sepakbola menjadi primadona tersendiri bagi penikmatnya, hampir semua kalangan dapat menikmati tontonan yang cukup menarik tersebut. Seperti pada tahun ini, UEFA (Asosiasi Sepakbola Eropa) mengadakan turnamen piala Eropa atau biasa kita dengar dengan sebutan EURO Cup. Berbeda dari turnamen sebelumnya, kali ini ada 11 negara yang terpilih sebagai tuan rumah perhelatan akbar sepakbola Eropa.


Ibu kota Denmark, Kopenhagen, akan menjadi satu-satunya wakil dari Eropa Utara. Sementara itu, dari Eropa Timur ada Rusia (St. Petersburg) dan Azerbaijan (Baku) yang menjadi tuan rumah, dari Eropa Selatan Italia (Roma) dan Spanyol (Sevilla), sedangkan Eropa Tengah diwakili oleh Rumania (Bucharest) serta Hungaria (Budapest), hingga Eropa Barat menjadi wilayah yang mendapat jatah tuan rumah paling banyak. Ada 4 negara dengan 4 kota yang menjadi tuan rumah, yakni Inggris (London), Jerman (Munchen), Belanda (Amsterdam), dan Skotlandia (Glasgow). Itulah beberapa negara yang terpilih menjadi tuan rumah EURO 2021.


Di Indonesia, hal ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena sudah satu tahun lamanya masyarakat bosan dengan tayangan berita yang hanya menginformasikan tentang covid19. Beberapa stasiun televisi swasta yang ada, seperti RCTI, MNCTV, serta MOLA TV menjadi official broadcaster pergelaran akbar sepakbola Eropa kali ini. Langkah tersebut pastinya ditujukan untuk mendongkrak presentase penonton kepada stasiun televisi yang bersangkutan.


Masyarakat Indonesia pun sangat antusias dengan adanya kejuaran sepakbola Eropa ini, hingga ada yang rela untuk berlangganan TV kabel demi bisa menonton kejuaraan saat ini. Namun, RCTI dan MNCTV masih memberlakukan pengalihan acara, MOLA TV sebagai salah satu channel tayangan berbayar memanfaatkan keadaan tersebut untuk menarik simpati dari penikmat sepakbola agar berlangganan. Hal tersebut cukup sebanding dengan jaminan tayangan eksklusif EURO 2021 dengan menyiarkan semua pertandingan. 


Hal ini terbukti, bahwa salah satu tontonan yang paling diminati masyarakat salah satunya adalah sepakbola. Tetapi sayangnya di Indonesia sendiri, masih memberlakukan lockdown yang mengakibatkan masyarakat kehilangan tontonan sepakbola secara langsung dari dalam stadion yang cukup menyenangkan, serta pemain sepakbola yang masih diliburkan oleh klubnya masing-masing dikarenakan kompetisi sepakbola Indonesia yang masih kurang jelas kapan bergulirnya.

No comments:

Post a Comment