Pesona Lumpur Panas Lapindo - Araaita.net

Breaking News

Monday, 14 June 2021

Pesona Lumpur Panas Lapindo

Penulis : Nabila Aprillia Zahra dan Muhammad Ainun Naim

Editor : Rafika


Sumber: Kaskus


Dibalik kisah pilu akibat pengeboran yang dilakukan oleh PT Lapindo Brantas, membuat jutaan orang menjadi korban lalapan lumpur panas dan menenggelamkan ratusan rumah. Siapa sangka tempat terjadinya kisah malang itu, sekarang menjadi tempat wisata yang menarik perhatian pengunjung untuk berfoto ria dengan pemandangan yang mengagumkan. Terutama saat siang hari, dengan pantulan cahaya matahari membuat pemandangan lumpur lapindo menjadi memukau. 


Tempat yang berlokasi di Porong Sidoarjo ini telah lama beroperasi menjadi tempat wisata yang dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Seperti Pasuruan, Malang, Mojokerto hingga Ponorogo. Tak hanya itu, wisatawan asing pun turut tertarik untuk mendatangi salah satu ikon kota sidoarjo ini. 


Tak terlalu sulit untuk menemukan lokasi semburan lumpur lapindo ini karena lokasinya cukup strategis, berada tepat di pinggir jalan utama Sidoarjo Pasuruan dan di depan gerbang tol pintu masuk Porong. Jarak untuk mencapai lokasi ini kurang lebih sekitar 6 kilometer ke selatan dari pusat kota Sidoarjo.


Ketika masuk ke dalam kawasan wisata lumpur lapindo, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 untuk tiket masuk, Rp. 5000 untuk parkir motor dan Rp. 10.000 untuk parkir mobil. Biaya yang cukup terjangkau bukan?, dengan harga tersebut pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan indah lumpur lapindo dan mengabadikannya menjadi foto yang instagramable. 

Sumber : Kaskus


Menurut salah satu pengunjung yang jarak rumahnya tidak jauh dari lokasi wisata Lumpur Lapindo mangatakan, bahwa dulunya wistawan yang berkunjung tidak seramai sekarang dan tidak dikenai biaya untuk berkunjung.


“Dulu tempat ini tidak seramai dan sebagus sekarang. Dulu setiap minggu pagi saya berkunjung kesini untuk lari pagi dan saya kerap mengajak teman-teman untuk berfoto. Dan itu gratis”  cerita Alvianty Djunaedi kepada Kru Araaita.


Pengunjung lain berpendapat bahwa Lumpur Lapindo saat ini telah menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi jika para wisatawan datang ke Sidoarjo. Menurutnya, pemandangan indah dan banyaknya spot foto menarik, menjadikan Lumpur Lapindo ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.


“Saya beberapa kali kesini untuk membuat film dokumenter bersama rekan sekolah saya. Saya juga kerap kesini jika ada job foto untuk prewedding ataupun untuk konten instagram ” Ujar Afif salah satu wisatwan yang berprofesi menjadi fotografer.

No comments:

Post a Comment