Wedang Uwuh Minuman di Masa Pandemi - Araaita.net

Breaking News

Friday, 25 June 2021

Wedang Uwuh Minuman di Masa Pandemi

Penulis : Muhammad Ainun Naim

Editor : Rafika

Sumber : sehatku.com


Ada yang tau apa yang lebih uwu di masa pandemi covid daripada berduaan dengan pasangan? 


Ya, betul. Wedang uwuh hehehe…


Wedang uwuh dalam Bahasa Jawa mempunyai arti yang unik, yakni wedang berarti “minuman” dan uwuh berarti “sampah”. Singkatnya dijuluki sebagai minuman sampah. Nama ini diberikan karena setelah minuman satu ini setelah diseduh dengan air panas terlihat berantakan seperi “sampah”.


Wedang biaanya identik dengan uap panas yang dikeluarkan, dengan komposisi racikan herbal di dalamnya. Seperti jahe, kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, serai, kapulaga, dan gula batu atau gula pasir. Sehingga sering kali minuman ini dijuluki minuman sehat karena bahan-bahan yang digunakan memiliki manfaat yang baik bagi tubuh.


Jahe dan kapulaga pada wedang uwuh, dapat memberikan sensasi hangat di tubuh sehingga minuman ini cocok diminum pada saat hujan atau saat santai di sore hari. Terlebih minuman ini juga cocok dikonsumsi pada kondisi saat ini. Karena di masa pandemi kita harus pandai menjaga imun tubuh agar tidak mudah terserang virus dan penyakit lainya.


Kombinasi bahan dalam wedang uwuh sudah dikenal punya segudang manfaat untuk tubuh. Secara keseluruhan, wedang uwuh bisa mengobati penyakit seperti batuk, masuk angin, perut kembung, pegal linu dan menyegarkan badan.


Namun, jika dijabarkan manfaat dari setiap komposisi bahannya, ada lebih banyak lagi manfaatnya. Seperti sifat antikoagulan (anti pembekuan darah) pada jahe dipercaya lebih kuat dari pada bawang putih atau bawang merah. Sedangkan campuran kayu manis dan jahe diyakini berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan antioksidan yang tinggi. 


Tidak hanya itu, wedang uwuh mengandung antioksidan yang tinggi dan dapat digunakan sebagai imunomodulator. Di situasi pandemi Covid-19 ini wedang uwuh dapat dimanfaatkan sebagai sumber senyawa bioaktif. Bahan-bahan yang ada di dalam wedang uwuh juga bermanfaat sebagai antikanker, antiinflamasi, hingga antibakteri.


Jadi, lebih uwu yang mana? Berduaan dengan pasangan atau menjaga imun tubuh dengan minum wedang uwuh dimasa pandemi covid?

No comments:

Post a Comment