Keindahan Wisata Alam Gunung Bromo - Araaita.net

Breaking News

Tuesday, 6 July 2021

Keindahan Wisata Alam Gunung Bromo

Penulis : M. Rakha Asyamsyah dan Diana Intan M.

Editor : Fika

Sumber : Pinterest

Sebagai salah satu tempat wisata yang langsung menyajikan keindahan alam dengan panorama pegunungan dengan hamparan kawah yang luas, membuat gunung Bromo banyak dikunjungi wisatawan. 


“Sebenenya bukan pecinta gunung ya, tapi bromo punya pemikat sih emang” ujar Anisa, salah satu pengunjung Gunung Bromo.


Nama “Bromo” berasal dari kata Brahma yang memiliki arti gunung yang di anggap suci oleh suku Tengger pada masanya. Kemudian orang jawa menyebutnya Gunung Bromo.


Gunung Bromo atau dalam Bahasa Tengger di ejaa “Brahma” ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut yang berlokasi dan terletak di empat Kabupaten Provinsi Jawa Timur, yaitu di antara Kaputen Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Kapupaten Lumajang. Karena terletak di antara empat Kabupaten di Jawa Timur, sehingga Gunung Bromo sangat mudah di akses dari beberapa kota di Jawa Timur. 


Tidak hanya sebagai tempat wisata dan pendakian Gunung Bromo nyatanya juga menjadi tempat digelarnya ritual umat Hindu. Yatna Kasanda, merupakan salah satu kegiatan ritual yang dilakukan masyarakat Tengger di kawasan Gunung Bromo setiap tahunnya. Yadna Kasanda merupakan ritual yang dilakukan oleh masyarakat Tengger dengan mempersembahkan sesajian berupa binatang ternak Dan makanan yang dimaksudkan kepada dewa-dewa yang diyakini mendiami gunung-gunung yang berada di kawasan ini seperti Gunung Batok, Gunung Semeru, Gunung Penanjakan dan Gunung Bromo.


Wisata alam Gunung Bromo buka setiap hari, dengan biaya masuk Rp 29.000, di hari kerja dan Rp 34.00, di hari libur jika wisatawan nusantara. Sedangkan wisatawan mancanegara di hari kerja sekitar Rp 220.000, dan di hari libur sekitar Rp 320.000.Untuk harga tiket kendaraan nya jika roda 4 sekitar Rp 10.000, roda 2 sekitar Rp 5.000, sepeda pancal sekitar Rp 2.000, dan kuda sekitar Rp 1.500. 


“Harga ga sebanding dengan apa yang disuguhkan, mahal gamasalah yang penting kita bisa healing dan ilangin stress” tuturnya, (1/06).


Untuk dapat menikmati keindahan keindahan matahari terbit di wisata alam Gunung Bromo, wisatawan juga dapat menyewa Mobil Jeep yang telah disediakan tentunya dengan harga sewa yang telah ditentukan. 

No comments:

Post a Comment