Talk Show : Skrip Talk, Strategi Skripsi cepat selesai - Araaita.net

Breaking News

Thursday, 8 July 2021

Talk Show : Skrip Talk, Strategi Skripsi cepat selesai

Penulis : Andhani Kholisotul Muklisoh

Editor : Rizka


Tangkap layar : "peserta talk show skripsi"

Araaita.net - Kamis (08/07) Senat Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi (SEMA FDK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya kembali menggelar Talk Show hari kedua, Skrip Talk yang bertajuk “Strategi Merampungkan Skripsi Tanpa Tekanan (Stres) Di Masa Pandemi” setelah sebelumnya mengadakan Talk Show : scholarship. Acara ini dilaksanakan melalui via zoom dan disiarkan secara langsung di channel YouTube SEMA FDK, mengundang tiga narasumber dan satu moderator.


Novie Andriani, Konsultan Skripsi memberikan dua puluh satu langkah cerdas agar skripsi cepat selesai. Ia mengawali pembicarannya dengan menanamkan sebuah kalimat bahwa skripsi yang baik adalah skripsi yang selesai. Menurutnya, dua puluh satu langkah yang akan ia berikan ini harus dipraktikkan dan tidak hanya sebagai teori belaka.



“Orang yang cerdas tidak terpacu pada teori, tapi juga mempraktikkan,” Jelas Dosen tetap STAI Tuban.


Langkah pertama yang Novie tawarkan adalah menentukan target kelulusan, mempersiapkan file skripsi, membidik objek penelitian, mencari keunikan objek penelitian, menentukan beberapa topik pembahasan, berdiskusi dengan beberapa dosen, membuat matrik pengajuan judul, menyimpan nomor telepon dosen, pegawai, objek penelitian, mengajukan matrik, menyiapkan proposal dan surat izin penelitian.


“Saya sudah menyiapkan skripsi di awal-awal semester” ujar IPK terbaik program Magister sembari menyelipkan motivasi.


Perempuan dengan segudang prestasi ini pun melanjutkan kedua puluh satu langkah cerdasnya, mulai dari rajin bimbingan, menyiapkan PPT Sempro, rajin revisi proposal, terjun lapangan, rajin mengerjakan laporan skripsi, self reward, rajin bimbingan, membuat PPT sidang, Berusaha maksimal, Doa Maksimal, dan mengakhiri strategi cerdasnya dengan istilah tawakal. 


“Dengan tawakal, ketika kita berhasil maka kita akan bersyukur, dan ketika belom berhasil, maka kita tidak akan berputus asa,” Jelasnya perempuan berkaca mata tersebut.


Berbeda dengan Novie, Lukman Hakim berpendapat bahwa skripsi yang baik bukan hanya yang selesai, tapi bermanfaat dan memberikan kontribusi pengetahuan. Ia juga menerangkan bahwa dalam pengerjaannya kita harus menggunakan hati.


“Sesuatu yang engga dari hati, bakal susah dan males-malesan ngerjainnya,” kata wisudawan terbaik UIN Sunan Ampel Surabaya.


Penulis sekaligus Dosen tersebut juga memberikan pemaparan mengenai topik penelitian, kutipan, dan parafrase. Dimana dalam menentukan topik penelitian ini memperhatikan masalah penelitian, fenomena, keterjangkauan, dan menggunakan metode yang mempermudah dalam menentukan topik penelitian tersebut.


“Cari sesuatu yang fenomenal atau sesuatu yang ngga biasa, “ ujar Jurnalis termuda Se-Jawa Timur.


Sementara itu, Moh Mizan Asrori memberikan tips mengatasi stress saat skripsi. Seperti mendesain ruang belajar, menentukan skala prioritas, mengatur waktu, memahami diri sendiri, dan me time.


“gausa terpuruk kalo dapet kritik dari dosen. Itu hal yang lumrah,” pungkas jurnalis sekaligus Awardee LPDP Santri.



No comments:

Post a Comment