Berbagai Tingkah Kocak Mahasiswa Baru Ditengah kegiatan PBAK UIN Sunan Ampel Surabaya - Araaita.net

Breaking News

Saturday, 4 September 2021

Berbagai Tingkah Kocak Mahasiswa Baru Ditengah kegiatan PBAK UIN Sunan Ampel Surabaya

Penulis : Diana Intan M
Editor : Rafika

Kegiatan PBAK UINSA 2021

Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan, atau dikenal dengan sebutan PBAK merupakan kegiatan pengenalan lingkungan universitas kepada mahasiswa baru. Kegiatan ini dilakukan oleh panitia yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan pegawai UINSA.


PBAK dilakukan ketika musim penerimaan mahasiswa baru, biasanya kegiatan ini ditunjukkan agar mahasiswa baru mengetahui beberapa unsur, peraturan, visi-misi, atau bahkan unit kegiatan mahasiswa yang berada di universitas maupun fakultas. 


Namun sayangnya, kegiatan PBAK kini dilakukan secara Online dikarenakan kondisi pandemi covid-19 yang mengharuskan untuk menghindari kerumunan. 


Seperti halnya kegiatan PBAK yang dilakukan oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan yang berlangsung mulai dari tanggal (2/9) s.d (4/9) dilakukan melalui Online dengan zoom meet. 


Kegiatan PBAK yang dilakukan secara online membuat mahasiswa terkadang merasa jenuh karena hanya menatap layar seharian. Salah satunya yang dialami Anugerah, ia mengungkapkan PBAK Online terasa melelahkan. 


"Lebih capek sama cepet bosen soalnya duduk doang sama natap layar laptop jadi mata panas cepet capek" kata Anugrah salah satu mahasiswa baru di UINSA. 


Tidak hanya Anugerah mahasiswa lain pun juga turut merasakan hal yang sama dilihat dari dokumenter tingkah laku para peserta yang dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan di tengah kegiatan PBAK. 


Dari beberapa dokumenter yang tersebar, ada seorang mahasiswa yang dengan santainya makan di tengah pelaksanaan kegiatan. Ada juga mahasiswa merebahkan diri dengan santainya karena merasa lelah duduk terlalu lama. Sementara itu, ada yang memakai kacamata hitam seakan di pantai, hingga ada pula beberapa mahasiswa yang memakai filter hewan lucu agar terlihat bervariasi.

Dokumenter Aksi Kocak Mahasiswa

Kejadian kocak itu menunjukkan betapa membosankan mengikuti kegiatan panjang hanya dengan menatap layar. Mahasiswa merasa jenuh dan tidak terfokus pada kegiatan. Sehingga, mahasiswa melakukan hal kecil menarik untuk menghilangkan kejenuhan itu dan berharapa bahwa pandemi segera berlalu, agar dapat menjalankan segala kegiatan kembali normal layaknya sebelum pandemi. 


"Pengennya offline biar ga berat ditugas ntar, denger-denger kalo online tu banyak di tugas" ungkap Anugerah kepada kru Araaita.

No comments:

Post a Comment