Dinamika PBAK Online Maba UINSA - Araaita.net

Breaking News

Friday, 3 September 2021

Dinamika PBAK Online Maba UINSA

Penulis: Lutfiani Intansari

Editor: Fika Khoirotun


Suasana PBAK Online UINSA 2021

Dalam rangka menyambut Mahasiswa Baru (Maba) tradisi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) menjadi kegiatan tahunan sebuah Universitas dalam memberikan wawasan yang memadai tentang budaya akademik terutama belajar di perguruan tinggi. Seperti halnya PBAK yang digelar oleh Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya. 


Untuk mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan tidak menggelar kerumunan yang dapat memicu penyebaran virus, menyebabkan PBAK UIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun ini, menjadi tahun kedua PBAK UINSA yang harus dilaksanakan secara daring. 


PBAK yang dilaksanakan mulai Kamis, (2/9) s.d Jum’at, (3/9) ini diharapkan oleh panitia penyelenggara sebagai wadah Maba UINSA 2021 dalam mengenalkan sistem akademik di UIN Sunan Ampel Surabaya sehingga dapat diperhatikan dengan baik sesuai peraturan tata tertib yang telah ditentukan. Namun nyatanya masih banyak ditemukan beberapa Maba yang kurang memperhatikan kegiatan yang sedang berlangsung. Banyak kegiatan nyleneh yang dilakukan Maba selama PBAK online seperti tiduran dan makan selama kegiatan berlangsung.


Karena merasa lelah menatap layar laptop seharian, menjadi alasan utama bagi Maba untuk masalah-masalah tersebut. Dan hal ini tentunya menjadi tantangan besar bagi panitia PBAK dalam mengelola kegiatan PBAK online yang menarik dalam mengantisipasi kebosanan Maba dan menerapkan sistem sanksi bagi Maba yang melanggar ketentuan yang telah disepakati.


Selain itu juga terdapat Maba yang tidak mengaktifkan fitur kamera selama proses PBAK online, karena tidak sedikit diantara Maba tinggal di wilayah yang susah jaringan sehingga membuat kegiatan PBAK online nya turut terhambat. Namun hal ini, tentunya bukan masalah besar dalam memenuhi kebutuhan pendidikan, utamanya kegiatan PBAK merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh Maba dalam memperoleh pengetahuan dan wawasan seperti tata kelola dan sistem pelayanan kampus serta pengenalan organisasi kampus yang dapat menjadi wadah mahasiswa dalam mengembangkan skill yang dimiliki.


Tentunya dibalik kejadian-kejadian tidak terduga ini menjadi tantangan bagi kita semua bagaimana dalam menyikapi dan terus semangat aktif dalam semangat menuntut ilmu di tengah pandemi Covid-19 yang menjadi ancaman.

No comments:

Post a Comment