Menteri Agama Berharap Para Mahasiswa Baru Menjadi Agen Moderasi Beragama - Araaita.net

Breaking News

Friday, 3 September 2021

Menteri Agama Berharap Para Mahasiswa Baru Menjadi Agen Moderasi Beragama

Reporter: M. I'anur Rofi'

Editor: Rafika


Tangkapan layar: Yaqut saat menyampaikan sambutannya melalui platform zoom


Araaita.net – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas, mengatakan harapannya untuk mahasiswa UINSA sebagai agen moderasi beragama pada PBAK UINSA 2021. (2/9)


Dalam sambutannya yang berjudul “Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Bangsa dan Moderasi Beragama”, ia menyampaikan bahwa mahasiswa dibekali dengan ilmu pengetahuan dan tanggungjawab moral sebagai agent of change. 


Ia berharap agar kampus sebagai komunitas pendidik harus mampu membaca fenomena sosial-kebangsaan secara kritis agar tidak terjebak dalam kepentingan pragmatis.


“Selain dibekali dengan ilmu pengetahuan, mahasiswa juga dibekali dengan tanggungjawab moral yang lebih besar, sebagai agent of change,” ujar Yaqut saat menyampaikan sambutannya melalui platform Zoom Meeting.


Menteri Agama RI ini juga mengatakan, moderasi beragama terinspirasi dari Pancasila yang menjadi landasan moral bangsa. Yaqut berharap agar para mahasiswa baru menjadi agen dalam moderasi beragama di tengah-tengah kemajemukan bangsa. Ia juga berharap agar para mahasiswa terus aktif dan turut serta menjadi pelopor budaya moderasi agar terciptanya lingkungan masyarakat yang rukun dan damai.


“Para mahasiswa harus pro-aktif dan turut serta mempelopori budaya moderasi beragama untuk menciptakan iklim sosial yang rukun dan damai,” tutur pria berkacamata tersebut.


Pria yang kerap disapa Gus Yaqut tersebut juga mengatakan bahwa para mahasiswa harus menjadi bagian penting dalam perubahan kehidupan negeri.


“Saudara-saudara juga harus menjadi bagian perubahan penting dalam kehidupan sosial kebangsaan negeri ini yang sama-sama kita cintai,” Pungkasnya.

No comments:

Post a Comment