PBAK 2021 Ajak Mahasiswa Baru Agar Produktif dan Inovatif Menuju Era Post Pandemi Covid-19 - Araaita.net

Breaking News

Friday, 3 September 2021

PBAK 2021 Ajak Mahasiswa Baru Agar Produktif dan Inovatif Menuju Era Post Pandemi Covid-19

Penulis : Ervina

Editor : Rafika

(kiri) Warek III, Muhid, (tengah) Rektor UINSA, Masdar Hilmy, (kanan) Ketua Panitia PBAK, Nur Kholis saat melakukan konferensi pers di Gedung Amphitheater UINSA (2/9).

Araaita.net - UINSA kembali melaksanakan program Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) secara online, dengan mengusung tema “ Generasi Milenial Teguh Moderasi Keagamaan dan Wawasan Kebangsaan serta Kuatkan Produktivitas dan Inovasi Menuju Era Post Pandemi Covid-19” (2/9). 


Tema yang diangkat dalam PBAK 2021 ini bertujuan untuk mengawal mahasiswa agar memiliki seperangkat ilmu pengetahuan yang dapat menciptakan dirinya menjadi manusia yang cerdas, berahklak sekaligus bermartabat.


Dalam mendesain proses pembelajaran moderasi beragama mahasiswa tentu harus memenuhi beberapa indikator yaitu, memiliki komitmen Kebangsaan, toleransi, anti kekerasan dan dapat menerima tradisi sekitar. 


“Artinya dalam pemahaman keagamaan mahasiswa harus memiliki 4 sikap itu,” ucap Muhid selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama saat konferensi pers PBAK 2021 (2/9). 


PBAK merupakan awal bagi para mahasiswa baru. Oleh karena itu, UINSA tetap berusaha menyelenggarakan PBAK di tengah pandemi dengan cara virtual. Penyelenggaraan PBAK secara virtual ini merupakan bentuk partisipasi dalam mendukung upaya pemerintah untuk menghentikan laju persebaran covid-19.


“Kami menyelenggarakan PBAK ini tetap berada di platform karena kita konsen dengan upaya pemerintah negara untuk menghentikan laju persebaran,” jelas Masdar Hilmy selaku Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya. 


Rektor UINSA saat diwawancarai (2/9).

Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, PBAK 2021 membuat kreasi penugasan ke dalam bentuk yang lebih menyenangkan. Penugasan yang diberikan dapat berupa vlog atau video berdurasi singkat yang diuplod ke sosial media.


Penugasan seperti ini bertujuan untuk merekatkan mahasiswa baru secara emosional dan intelektual agar lebih nyaman berada di UINSA sebagai tempat menimba ilmu. Penugasan itu tidak serta merta diberikan begitu saja, mahasiswa baru juga mendapatkan apresiasi dalam bentuk tangible dan juga intengible. 


Apresiasi tangible sendiri dapat berupa uang pembinaan dan juga sertifikat sebagai penghargaan. Dibandingkan dengan uang dan penghargaan, apresiasi intengible juga tak kalah penting karena semua peserta PBAK diberikan kesempatan untuk menempa pengetahuan dan bakat mereka agar lebih baik kedepannya. 


“Keikutsertaan mereka dalam penempatan bakat itu lebih penting dibandingkan uang,” ucap Masdar Hilmy.


Di tengah pandemi covid-19 bukanlah alasan bagi siapapun untuk melemah. Pelaksanaan PBAK 2021 secara online bertujuan agar mahasiswa yang baru bergabung di UINSA tetap produktif dan inovatif sesuai kapasitas mereka masing-masing.

No comments:

Post a Comment