Bayu Membagikan Pengalamannya Menjadi Jurnalis Istana Negara dalam Workshop Jurnalistik KPI - Araaita.net

Breaking News

Saturday, 6 November 2021

Bayu Membagikan Pengalamannya Menjadi Jurnalis Istana Negara dalam Workshop Jurnalistik KPI

Bayu saat menyampaikan materinya dalam workshop jurnalistik KPI melalui Zoom Meeting (26/10)

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) gelar Workshop Jurnalistik dengan tema "Proses Produksi Berita dan Desain Media Cetak". Acara yang diselenggarakan pada Kamis, (26/10) melalui platform Zoom Meeting ini menghadirkan narasumber professional dalam dunia jurnalistik, salah satunya Bayu Putra.

 

Bayu mengatakan bahwa menjadi jurnalis Istana Negara sama halnya dengan jurnalis pada umumnya, yang membedakan hanyalah pada jenis narasumber dan ikatan protokoler.

 

"Wartawan di Istana Negara itu kita melihat Presiden bekerja, dinamika kabinet negara, dan mau tidak mau kita menjadi bagian representasi negara, khususnya saat presiden menerima tamu dari negara sahabat," ujar Redaktur Jawa Pos tersebut.

 

Menurutnya, seorang jurnalis Istana Negara juga harus menguasai bidang-bidang lain. Karena hal tersebut menjadi tantangan seorang jurnalis Istana Negara agar mampu memahami bidang-bidang yang akan dibahas dalam proses peliputan Istana Negara seperti Ekonomi, Politik, Olahraga, dan sebagainya.

 

"Meskipun bidang saya komunikasi, saya harus cepat faham segala bidang yang menjadi urusan kenegaraan, seperti ekonomi, pemilu, dan lain-lain," ujar pria yang memakai kemeja kotak-kotak tersebut. 

 

Sebagai seorang jurnalis Istana Negara, Bayu menyampaikan suka dan duka dalam proses liputannya. Ia mengungkapkan bahwa prosedur kegiatan di Istana Negara cukup ketat. Hal ini menuntut para jurnalis untuk bersikap tanggungjawab.

 

 "Misalkan ada acara jam 9, maka jam 9 pintu sudah ditutup. Biasanya, 10 menit sebelum acara dimulai, teman-teman wartawan sudah dipersilahkan masuk," pungkas Bayu. (iann)


Reporter: M. I'anur Rofi' 

No comments:

Post a Comment